Skip links

Prof. Dr. Rosmala Dewi. M.Pd. Kons

Profesor bidang  Bimibingan dan Konseling Fakutas Ilmu Pendidikan ini lahir di Medan, 2 September 1959.  Prof. Dr. Hj. Rosmala Dewi. M.Pd. Kons. Menempuh Pendidikan S1 pada Jurusan Bimbingan Konseling IKIP Medan (1984), kemudian melanjutkan Pendidikan S2 pada Jurusan Administrasi Pendidikan di IKIP Jakarta (1990) dan melanjutkan Pendidikan S3 pada Jurusan Managemen Pendidikan (2011).

Pengalaman dalam  penelitian pada bidang Pendidikan Bimbingan dan Konseling antara lain dengan judul penelitian Implementasi   Bimbingan  Berbasis Konseling Perkembangan di SD Negeri  064979 Kecamatan Medan Sunggal, Pengembangan Model Knowledge Management PadaPembimbingan Skripsi Berdisain Penelitian Tindakan Kelas Meningkatkan Self Efficacy Mahasiswa Jurusan Bimbingan Konseling, Mengintegrasikan Mata Kuliah Penelitian Pendidikan dan Pengembangan Pribadi Konselor Dalam Satu Blok Kompetensi dapat Meningkatkan Kompetensi Meneliti Bagi Mahasiswa PPB Unimed (2010), Pengkajian terhadap komitmen  dosen melakukan penelitian bimbingan konseling di FIP Unimed, Peningkatan strategi coping stres melalui relaksasi urat dilakukan mahasiswa dibimbing dosen  pembimbing akademik di jurusan psikologi pendidikan dan bimbingan unimed, Kesadaran situasi, kepemimpinan transformasional, konflik, efikasi diri dan kinerja kepala sekolah dasar Kota Medan (2011), dan Pengembangan Model Pelayanan Konselor Sebaya Berkarakter Melalui Strategi BMB3 di Universitas Negeri Medan (2014-2016).

Pengabdian pada pengabdian kepada Masyarakat antara lain Pelatih PIPS bagi Dosen di Unimed (2008), Pembimbing PTS bagi pengawas Sumatera Utara (2008), Pelatih Konselor Sumut dalam program pengembangan diri (2009), Pelatih program pengembangan diri Bagi Guru BK (2006), Nara Sumber pada Pelatihan Penggunaan Inventori Tugas Perkembangan (2009), Pemakalah Pada kegiatan Lokakarya PTK kerjasama Asosiasi Guru Fisika Indonesia (AGFI) Sumatera Utara dengan Lemlit UNIMED (2009), Pelatih program pengembangan diri Bagi Guru BK (2006), Ib IKK Unit Usaha Counseling Center (2015-2016).

Pengalaman dalam penulisan artikel dalam jurnal pada bidang Pendidikan Bimbingan dan Konseling antara lain dengan judul Implementasi Model Pembelajaran Inklusi Pada Mata Kuliah Permasalahan Anak TK di PGTK Unimed pada Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan (2010), Kinerja Kepala Sekolah: Pengaruh kepemimpinan Transformasional, Konflik, dan Efikasi Diri pada Jurnal Ilmu Pendidikan (2012), The Evaluation Result Of The Guidance Anda Counseling Implementation At The Government And Private Senior High Schools In Medan pada Suara Pendidikan (2013), A Character Peer Counselor Model Through BMB3 Strategi at University of Medan pada Proceeding Seminar Internasional Forum FIP-JIP se Indonesia (2013), Validasi Modul Keterampilan Memberi Respon bagi Konselor Sebaya Berkarakter Melalui Strategi BMB3 pada Scientifiq Forum Faculty of Education Departement of Science Education (2015), Prevention Bullying Through Characterized Peer Counselor Using BMB3 Strategy At University pada International Conference On Guidance & Counseling, Human Resources And Human Development (2015) dan Module Validity Of Peer Counselor Character Service in State University of Medan (2016).

Pengalaman dalam penyampaian makalah secara oral pada pertemuan atau seminar ilmiah antara lain dengan judul artikel ilmiah Penggunaan  AUM PTSDL bagi proses pembimbingan pada Pelatih AUM PTSDL bagi konselor Sumut (2009), Pelatih Pemanfaatan ITP Bagi Konselor Sumut pada Penggunaan Isntrumen Perkembangan Bagi Siswa (2009), Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui PTK pada Seminar Nobility Of Teaching: Makna kemuliaan Mengajar (2009), Merancang Disain PTK pada Diklat dan Pendampingan 1 PTK (2010), A character- peer counselor model through BMB3 strategy at universitas negeri Medan pada International Conference Counseling (2014), Scientifiq Forum Faculty of Education Departement of Science Education pada Validasi Modul Keterampilan Memberi Respon bagi Konselor Sebaya Berkarakter Melalui Strategi BMB3 (2015), International Conference On Guidance & Counseling, Human Resources And Human Development pada Prevention Bullying Through Characterized Peer Counselor Using BMB3 Strategy At University dan Scientifiq Forum Faculty of Education Departement of Science Education pada Validasi Modul Keterampilan Memberi Respon bagi Konselor Sebaya Berkarakter Melalui Strategi BMB3 (2015).

Karya dalam penulisan buku yang telah diterbitkan antara lain dengan judul Penelitian Pendidikan (2009), Profesionalisasi Guru Melalui PTK (2010) dan Anak Berkebutuhan Khusus (2011). Dan penghargaan yang telah diraih adalah sebagai DosenBerprestasi oleh Rektor Unimed (2012) dan Peneliti Berprestasi oleh Rektor Unimed (2013).