Skip links

FIS UNIMED Bekali Karakter Mahasiswa Melalui MTQ dan MKQ

“Mahasiswa adalah agen pembangunan (agent of change) di masyarakat. Mahasiswa, selain memiliki pengetahuan cukup, sekaligus harus memiliki karakter mumpuni untuk menularkan dan mengawal perubahan dalam masyarakat. Karakter mumpuni dapat ditumbuhkan melalui even-even keagamaan, seperti perlombaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) dan Musabaqoh Khattil Qur’an (MKQ). Menjadi agent of change, apalagi dalam Revolusi Industri 4.0 maupun smarth society 5.0 dewasa ini, mahasiswa dituntut menjadi tumpuan harapan agar perubahan berjalan dengan baik,” Demikian disampaikan Dekan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, Dra. Nurmala Berutu, M.Pd, dalam pembukaan MTQ dan MKQ tingkat Fakultas Ilmu Sosial Tahun 2022 yang diselenggarakan pada 21 Juni 2022 bertempat di Aula Dekanat Lantai 3.

Dekan mengharapkan agar pelaksanaan MTQ dan MKQ bukan hanya “rutinitas tahunan” melainkan ajang untuk menumbuhkan dan membentuk “insan berkarakter” sesuai motto Universitas Negeri Medan, The character building university. Pelaksanaan MTQ dan MKQ FIS Unimed Tahun 2022 ini melibatkan mahasiswa, baik putra maupun putri untuk mengikuti 4 bidang lomba yakni Tilawatil, Tartil, Hifzil, dan Kahthil Qur’an sesuai arahan dari Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan. Meskipun perencanaan even kurang dari sebulan, namun pelaksanaan tampak matang. Hal ini didukung oleh Tenaga Kependidikan (tendik) yang sudah lebih baik ditambah dukungan fungsionaris di fakultas. Turut hadir pada upacara pembukaan adalah pimpinan fakultas, ketua dan sekretaris jurusan, ketua program studi, kepala laboratorium serta mahasiswa peserta lomba.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Dr. Erond L. Damanik menuturkan, “Dewan Hakim pada lomba MTQ dan MKQ FIS tahun 2022 terdiri atas 3 orang yakni Dr. Husnel Anwar Matondang, M.Ag dari Universitas Islam Negeri Sumatra Utara, Dr. Hapni Laila Siregar, M.Hum dosen di Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, dan Drs Mesra, M.Sn, dosen dan ketua jurusan Pendidikan Seni Rupa Universitas Negeri Medan. Melalui seleksi yang ketat, terpilih nama-nama mahasiswa untuk masing-masing nomor lomba pada keempat bidang. Setiap juara pertama pada setiap nomor lomba menjadi utusan Fakultas Ilmu Sosial untuk mengikuti seleksi di tingkat Universitas Negeri Medan yang akan dilaksanakan pada 29 Juni 2022 yang akan datang. Nama tersebut antaralain Iqbal Al’Hamid dan Adinda Salwa Azahra Sani untuk Tartil putra dan putri, Erwan Syaputra dan Suci Wheli Melvia untuk Tilawatil putra dan putri, Muhammad Al’Farhan dan Nindy Asyifa Putri untuk Hifzil putra dan putri, serta Iqbal Ilvaldo untuk Khahthil putra,”.

Pengumuman dilakukan pada pukul 12.30 WIB  yang disampaikan langsung oleh Dr. Husnel Anwar Matondang, M.Ag, ketua Dewan Hakim MTQ dan MKQ FIS tahun 2022. Penutupan dan apresiasi dilakukan oleh pembawa acara Dira Silvianty, S.Pd. Setiap pemenang mendapat apresiasi fakultas dan sertifikat yang dapat diambil di kantor Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan. (Humas Unimed)