Skip links

Dosen UNIMED Berikan Pendampingan Pentingnya Peranan Keluarga Bagi Anak pada Orang Tua di Desa Amplas

Dosen Universitas Negeri Medan yang tergabung dalam Tim PKM (Program Kemitraan Masyarakat) LPPM melakukan pengabdian masyarakat dengan memberikan pendampingan komunitas orang tua dalam menerapkan hubungan rensponsive terhadap anak dalam keluarga di desa Amplas, kecamatan Percut Sei Tuan.

Kegiatan itu dilaksanakan pada bulan Februari hingga Desember 2022. Program ini diketuai oleh Dr. Aman Simaremare, MS. dengan anggota Dr. Yasarotodo Wau, M.Pd., Husna Parluhutan Tambunan, S.Pd., M.Pd. dan Trisnawati Hutagalung, S.Pd., M.Pd.

Tim program (PKM) ini bekerjasama dengan kepala desa Amplas, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, dengan melibatkan orang tua, anak, dan praktisi sekaligus narasumber  Sri Ngayomi Yudha Wastuti, S.Psi., M.Psi. serta mahasiswa jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Menurut Dr. Aman Simaremare, MS. Selaku ketua Tim Pengabdian Unimed, kegiatan pengabdian ini bertujuan memberikan pemahaman kepada orang tua yang memiliki anak usia belajar bahwa keluarga adalah lingkungan utama dan pertama bagi anak. Peran keluarga akan sangat dominan dalam pembentukan kepribadian anak. Dr. Aman Simaremare, MS. juga menjelaskan keluarga merupakan pondasi pendidikan yang pertama bagi anak, misalnya cara orang tua mengahargai opini anak serta mendorong anak untuk mengutarakannya,  memperbolehkan anak dalam pengambilan keputusan secara individu.  Sikap orang tua yang seperti itu sangat membantu dalam mengembangkan potensi anak.

Pengabdian ini dimulai dengan narasumber memberikan pemahaman terkait hubungan responsive terhadap anak. Kemudian, dilanjutkan dengan mempraktikkan cara merespon perilaku anak ketika belajar. Pendampingan ini terus dilakukan sampai orang tua mampu menerapkan pendekatan hubungan responsive dengan anak.(Humas Unimed)