Skip links

FMIPA UNIMED Jalin Kerjasama dengan BMKG Sumut

Jurusan Fisika FMIPA Unimed jalun kerjasama dengan BMKG Sumut, hal tersebut ditandai dengan penandatanganan MoA yang dilakukan oleh Dekan FMIPA Unimed Prof. Dr. Fauziyah Harahap, M.Si. dengan Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Deli Serdang Agus Riyanto, SP, MM. di Lt. 8 Gedung Fisika FMIPA Unimed pada Rabu, (12/1). Turut menghadiri acara tersebut Wakil Dekan I Dr. Jamalum Purba, M.Si., Wakil Dekan III Dr. Rahmatsyah, M.Si., Kajur Fisika Dr. Wawan Bunawan, M.Pd., M.Si. dan seluruh dosen dan fungsionaris Jurusan Fisika Unimed.

Dalam sambutannya, Dekan FMIPA Unimed Prof. Dr. Fauziyah Harahap, M.Si. berharap agar kerjasama ini tidak hanya sekedar ceremonial saja, namun ada kerjasama tindaklanjut khususnya dalam bidang pengembangan penelitian, pendidikan dan juga pengabdian masyarakat. Tentunya akan lebih mudah jika kita saling berkolaborasi dan bekerjasama dalam mewujudkan cita-cita bangsa. Selain itu, dengan MoA ini nantinya dapat terselenggara magang mahasiswa dan MBKM serta melakukan riset bersama.

Sementara Agus Riyanto, SP, MM menyampaikan terima kasih kepada pimpinan FMIPA dan jajarannya yang telah bekerjasama dengan BMKG Sumut, besar harapan kami agar kerjasama ini terus berlanjut dan saling memberikan dampak positif bagi keduanya. Kami dengan tangan terbuka mengajak masyarakat dan kalangan akademis membantu kinerja dan bekerjasama dengan BMKG. (Humas Unimed/eo)

Dalam rangka meningkatkan mutu perkuliahan dan hasil riset dosen dan mahasiswa, Prodi Magister Fisika PPs Unimed jalin kerja sama dengan Stasiun Geofisika Kelas I Deli Serdang BMKG, hal tersebut ditandai dengan penandatanganan MoA oleh Direktur Pascasarjana Unimed Prof. Dr. Bornok Sinaga, M.Pd. dengan Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Deli Serdang Agus Riyanto, SP, MM. di Ruang Sidang Lt.I Pascasarjana Unimed pada Rabu, (12/1). Turut menghadiri acara tersebut Wadir I PPs Prof. Dr. Sahyar, MS, MM., Wadir II PPs Dr. Darwin, M.Pd, Kaprodi S2 Fisika Prof. Dr. Makmur Sirait, M.Si., Sekretaris Prodi Dr. Rita Juliani, M.Si. dan seluruh fungsionaris PPs Unimed.

Dalam sambutannya, Direktur Pascasarjana Unimed Prof. Dr. Bornok Sinaga, M.Pd. mengatakan bahwa kerjasama ini sangat bermanfaat untuk menjembatani antara perguruan tinggi dan dunia usaha dan industry (DUDI) dan saling menguntungkan. Mahasiswa kita dapat melaksanakan magang, pemanfaatan alat-alat yang ada di BMKG, dan join riset dan menjadi narasumber antara kedua belah pihak. Hal ini kita lakukan untuk meningkatkan mutu dan kualitas riset dosen dan mahasiswa di Prodi S2 Fisika kita.

Wadir I, Prof. Dr. Sahyar, MS, MM juga menambahkan bahwa kerjasama ini berarti bila ada kegiatan yang nyata antara kedua belah pihak, jadi jangan sebatas tanda tangan saja. Misalnya melalui studi lanjut S2 Fisika di Unimed, pemanfaatan alat-alat yang ada pada kedua belah pihak dan penelitian bersama.

Sementara Agus Riyanto, SP, MM menyampaikan kerjasama ini telah digagas selama 3 bulan bersama Prof. Dr. Makmur Sirait, M.Si sebagai Kaprodi Magister Fisika dengan berbagai perbaikan sesuai saran Kepala Biro Hukum BMKG di Jakarta, yang akhirnya pada saat ini dapat terealisasi penandatanganannya. Beliau juga mengharapkan agar perjanjian kerjasama ini dapat dilakukan dengan beberapa kegiatan antara lain magang mahasiswa, penggunaan alat bersama baik untuk mahasiswa maupun dosen dalam penelitian, demikian juga sebagai narasumber dan studi lanjut S2 Fisika dari instansi BMKG. (Humas Unimed/eo)