Skip links

Tim Dosen dan Mahasiswa UNIMED Gelar Pengabdian Masyrakat di SDN 105290 Desa Kolam

Dosen dan mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di SD Negeri 105290 Desa Kolam, Kecamatan Percut Sei Tuan pada Kamis dan Jumat, 6-7 Juni 2024. Kegiatan PKM dilakukan oleh tim dosen Rika, M.Hum., Ariatna, Phd., Dr. Arnita, Juli Rachmadani Hsb, M.Hum., dan Ade Aini, M.Hum., beserta mahasiswa. Ketua PKM, Rika menjelaskan kegiatan pengabdian ini menjadi salah satu peran nyata sivitas akademika dalam mewujudkan tri dharma perguruan tinggi dengan hadir langsung di tengah masyarakat, merumuskan masalah, dan memberi solusi.

Kegiatan PKM tersebut diselenggarakan dalam bentuk pelatihan media interaktif Wordwall dalam pembelajaran literasi numerasi untuk guru-guru di SD Negeri 105290 Desa Kolam. Tujuan kegiatan tersebut adalah meningkatkan wawasan dan keterampilan guru dalam memanfaatkan media digital di kelas.  Hasil dari pelatihan ini diharapkan dapat menjadi solusi bagi guru dalam memanfaatkan media ajar interaktif untuk meningkatkan literasi numerasi siswa.

Kepala SD Negeri 105290, Syamsyiah, S.Pd., menyambut positif pelaksanaan kegiatan pelatihan tersebut. Syamsyiah menuturkan kegiatan PKM ini memberikan wawasan dan keterampilan baru bagi guru-guru. Kegiatan ini memberi pencerahan bagi guru untuk memanfaatkan teknologi sehingga mampu beradaptasi terhadap perubahan tantangan pendidikan di era digital. Pihak sekolah memberi apresiasi pada kegiatan PKM Universitas Negeri Medan dan berharap kemitraan ini terus berlanjut di masa mendatang.

Kegiatan pelatihan ditutup dengan pemberian cendramata dan plakat dari pihak tim PKM kepada Kepala Sekolah, serta sertifikat pelatihan. Plakat diterima langsung Kepala SD Negeri 105290 Desa Kolan, Syamsyiah, S.Pd dan sertifikat pelatihan diterima oleh para peserta.(Humas Unimed)