Skip links

Universitas Almuslim dan Unimed Jalin Kerjasama dan Pelatihan PEKERTI-AA

Universitas Almuslim dan Universitas Negeri Medan (UNIMED) melakukan Kerjasama dan Pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional-Applied Approach (PEKERTI-AA) yang diadakan di Ruang Kuliah Umum (RKU) Kampus Timur Universitas Almuslim pada 17-18 dan 20 – 21 Mei 2024.

Kegiatan ini menghadirkan 4 narasumber dari Universitas Negeri Medan yaitu:  Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, Prof. Dr. Restu, MS, Prof. Dr. Martina Restuati, M.Si, Prof. Drs. Motlan, M.Sc., Ph.D, dan Prof. Dr. Efendi Napitupulu, M.Pd.

Dalam sambutannya Rektor Universitas Almuslim Dr. Marwan, M.Pd mengatakan  bahwa kerjasama yang dilakukan ini merupakan langkah yang sangat baik dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Tujuan utama PEKERTI-AA adalah untuk meningkatkan keterampilan dasar kita dalam merancang dan menyampaikan materi pembelajaran secara efektif. Dengan demikian, kita tidak hanya akan belajar tentang teknik-teknik instruksional, tetapi juga tentang bagaimana menerapkannya secara nyata dalam konteks pembelajaran yang kita hadapi.

Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, dalam paparannya  menyampaikan Penting untuk kita pahami bahwa teknik instruksional adalah tulang punggung dari setiap program pendidikan. Bagaimana kita menyampaikan materi pembelajaran memiliki dampak besar pada pemahaman dan keterampilan peserta. Oleh karena itu, melalui pendekatan Applied Approach, kita akan mengeksplorasi cara-cara untuk membuat pembelajaran lebih praktis dan relevan.

Adapun produk tugas terstruktur (PRODUK PEKERTI-AA) tersebut berupa: Analisis dan penetapan Profil Lulusan, Learning Outcome, CPMK, SK dan KD, Analisis instruksional dalam bentuk peta kompetensi dan peta konsep, Rekonstruksi mata kuliah dan kontrak perkuliahan, RPS dan SAP, Pengembangan bahan ajar/modul dan media instruksional, Rancangan tugas dan paktikum, Penyusunan Evaluasi Proses Pembelajaran dan Instrumen Penilaian hasil belajar, Pengembangan platform LMS-Perkuliahan daring, Rekaman video pembelajaran luring dan daring.

Dalam paparannya Prof. Dr. Martina Restuati, M.Si,  menjelaskan tentang pengembangan dan tujuan pembelajaran yang SMART yaitu: Spesifik, Terukur, Dapat Dicapai, Relevan, dan Berbatas Waktu. implementasi konsep yang dipelajari dan refleksi untuk meningkatkan praktik pengajaran .Serta  membahas tentang bagaimana merencanakan implementasi konsep yang dipelajari dalam lingkungan pembelajaran dan merefleksikan pengalaman untuk meningkatkan praktik pengajaran di masa depan. Agar dapat mengaplikasikan konsep-konsep yang telah dipelajari dalam konteks nyata dan terus meningkatkan diri sebagai pendidik.

Turut hadir dalam acara tersebut adalah rektor Universitas Almuslim, Dr. Marwan dan jajaranya sedangkan dari  Universitas Negeri Medan yakni : Wakil Rektor 1 Dr. Abil Mansyur, S.Si., M.Si, , Wakil Rektor 2 Wakil Rektor II Dr. Winsyahputra Ritonga, M.Si.  Wakil Rektor 3 Prof. Dr. Marice, M.Hum, Wakil Rektor 4 Prof. Dr. Erond Litno Damanik, S.Pd., M.Si. (Humas Unimed/ms).