Skip links

PLP I Tahun 2024, Dorong Mahasiswa Unimed Menjadi Guru Profesional

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Medan melaksanakan Sosialisasi PLP I Unimed Tahun 2024 secara daring, pada Jum’at (01/03). Kegiatan ini dibuka langsung oleh Rektor Unimed Prof. Dr. Baharuddin, M.Pd. dan menghadirkan narasumber Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd selaku Ketua Senat Unimed.

Acara ini turut dihadiri Jajaran Wakil Rektor, Dekan, Direktur PPs, Ketua Lembaga, Wakil Dekan, dan Dosen pembimbing di lingkungan Unimed serta 231 Kepala Sekolah Mitra Universitas Negeri Medan. Jumlah mahasiswa yang mengikuti PLP I tahun ini sebanyak 4303 dari 7 Fakultas pada 35 Program Pendidikan yang dibimbing oleh 421 dosen pembimbing lapangan (DPL).

Dalam sambutannya, Rektor Unimed Prof. Dr. Baharuddin, M.Pd. mengatakan Kegiatan sosialisasi ini sungguh sangat penting kita ikuti, agar pelaksanaan PLP I bagi mahasiswa Unimed nantinya dapat berjalan dengan aman, dan sukses, serta kegiatan ini tidak akan mengganggu agenda kegiatan yang ada di sekolah-sekolah mitra nantinya. Oleh karena itu, dalam kegiatan sosialisasi pelaksanaan PLP I ini mari kita rancang dan diskusikan baik-baik, kita kaji secara komprehensif, semua kendala-kendala yang mungkin bisa saja terjadi dan menjadi penghambat pelaksanaan PLP I ini.

Selanjutnya Rektor menyampaikan Pelaksanaan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) I yang akan kita laksanakan nantinya merupakan salah satu kegiatan akademik bagi mahasiswa Prodi Kependidikan di Unimed. Kegiatan program PLP I ini kita harapkan dapat mendukung kegiatan pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi sesuai dengan visi Unimed untuk menjadi universitas yang unggul dalam bidang pendidikan, rekayasa industri dan budaya. Melalui program PLP I ini diharapkan mahasiswa sebagai calon pendidik (guru) akan lebih memahami, mengetahui, menghayati, menjiwai dan memiliki kemampuan kritis dan analitis terhadap profesinya kelak, setelah mereka tugas sebagai guru di sekolah.

Dalam paparannya Prof. Syawal berharap setelah mengikuti kegiatan PLP I ini, para mahasiswa dapat memantapkan dan mengembangkan kompetensi akademik kependidikan dan bidang studi yang disertai dengan kemampuan berpikir kritis tingkat tinggi melalui kegiatan menelaah kurikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan guru. Serta melakukan penelaahan tentang strategi pembelajaran dan sistem evaluasi yang dipakai guru dalam proses pembelajaran. Serta membantu guru dalam mengembangan perangkat pembelajaran, pemanfaatan TIK dalam pembelajaran, dan membantu guru dalam melaksanakan tugas-tugas pekerjaan administrasi guru. (Humas Unimed/eo)