Skip links

UNIMED Tandatangan SPK untuk Persiapkan Pelaksanaan PPG Prajabatan Gelombang 2

Universitas Negeri Medan melaksanakan Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan PPG Prajabatan Gelombang 2 dan Penandatangan Surat Perjanjian Kerjasama (SPK) Tahun 2023. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Sidang A Gedung Pusat Administrasi Unimed lt.3.

Turut Hadir pada kegiatan tersebut Wakil Rektor I Dr. Abil Mansyur, M.Si., Wakil Rektor IV Prof. Dr. Erond Litno Damanik, M.Si., Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Provinsi Sumatera Utara, Kepala Dinas Pendidikan Wilayah I, Kepala Dinas Pendidikan Deli Serdang, Kepala Bidang Pembinaan dan Ketenagaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Medan, Kepala Bidang Ketenagaan Dinas Pendidikan Deli Serdang, Ketua Koordinator PPG Tiur Malasari Siregar, M.Si., Wakil Koordinator PPG Unimed Prof. Dr. Fajar Apollo Sinaga, M.Si., Apt., Admin LPTK, serta 38 Kepala Sekolah Mitra.

Dalam sambutannya Wakil Rektor IV Prof. Erond mengatakan “Pada disaat sebelum adanya PPG, mahasiswa UNIMED yang lulus mendapatkan 2 ijazah yakni 1 ijazah UNIMED dan 1 lagi adalah Akta IV, dengan menggunakan akta IV tersebut lulusan UNIMED sudah bisa langsung mengajar. Dulu sebelum adanya PPG pemerintah mempunyai program yang bernama PLPG dalam melatih profesi guru, tapi setelah 2014 muncul program pemerinta yang bernama PPG. Karena itulah semenjak adanya PPG yang telah menjadi dasar dalam memperoleh sertifikasi guru, maka sejak itu pula UNIMED tidak lagi mengeluarkan Akta IV dikarenakan perlunya para calon guru untuk mengikuti PPG agar dapat memperoleh sertifikasi menjadi guru. Dengan adanya PPG para calon guru akan dididik kembali untuk menjadi guru yang profesional,”.

“Karena itulah tujuan dari Rakor ini adalah untuk menyamakan persepsi kita dalam pelakasanaan PPG Prajabatan Gelombang 2 yang akan segera berlangsung, PPG Prajabatan 2023/2024 akan dilaksanakan dalam 2 semester dengan total 39 sks. Pada PPG terdapat mata kuliah PPL I dan II dimana nanti mahasiswa PPG Prajabatan akan terjun langsung sekolah untuk mengajar di sekolah. Karena itulah disini lewat kerjasama dengan 38 sekolah mitra, pelaksanaan PPG Prajabatan Gelombang 2 dapat berlangsung dengan lancara tanpa kendala. Kami mohon dukungan bapak/ibu kepala sekolah untuk membantu kelancaran pelaksanaan PPG Prajabatan terkhususnya pada mata kuliah PPL,” ujar Prof. Erond.

Wakil Rektor I Dr. Abil Mansyur dalam paparannya menjelaskan bahwa saat ini 188 mahasiswa yang mengikuti PPG Prajabatan Gelombang 2 di UNIMED. “Saat ini 188 mahasiswa PPG tersebut sedang menjalankan perkuliahan sampai 29 desember nanti, setelah itu akan dilanjutkan PPL ke sekolah mitra di awal januari 2024. Karena itulah disini kita melakukan penandatanganan SPK agar para sekolah mitra nantinya dapat memfasilitasi mahasiswa PPG Prajabatan ketika melakukan PPL di sekolah. Sekolah mitra yang telah kami pilih ini merupakan rekomendasi dari kementrian dengan pertimbangan bahwa akan ada guru yang memasuki masa purna bakti pada sekolah tersebut. Pemilihan ini telah dilakukan melalui proses yang panjang. Kami berharap dengan penandatanganan SPK ini pelaksanaan PPL PPG Prajabatan Gelombang 2 dapat berlangsung dengan lancar tanpa kendala. Jika sekolah mitra mempunyai kendala maka UNIMED juga siap untuk membantu,” ujar Wakil Rektor I.

Adapun nantinya mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 2 UNIMED akan mengikuti PPL pada 38 sekolah mitra yang tersebari di 9 SD, 12 SMP, 8 SMA, 7 SMK, dan 2 MAN. (Humas Unimed)