Skip links

Pimpinan FIS UNIMED Beri Apresiasi pada Mahasiswa Finalis PKM-RSH PIMNAS 2023 dan Canangkan PKM Center

Pimpinan Fakultas Ilmu Sosial memberikan Apresiasi kepada Mahasiswa Finalis PKM-RSH dan Dosen Pendamping pada PIMNAS ke 36 tahun 2023 yang diselenggarakan di Universitas Padjajaran pada 26-30 November 2023 lalu. Selain apresiasi, pimpinan Fakultas sekaligus mencanangkan PKM Center for RSH, yakni semacam peer-teaching antara mahasiswa dan dosen pendamping yang mencapai PIMNAS dengan mahasiswa dan dosen potensial di PKM. Kegiatan ini dilangsungkan pada 13 Desember 2023 bertempat di Aula Dekanat FIS lantai 3 yang dihadiri pimpinan fakultas, ketua jurusan, ketua prodi, dosen pendamping dan 3 kelompok PKM yang mengikuti PIMNAS 36 di Bandung.

Dekan FIS, Dr. Ratih Baiduri, M.Si dalam sambutannya menyatakan kebahagiaan dan kebanggaannya kepada seluruh finalis PIMNAS ke 36 tahun 2023 yang berasal dari FIS. Beliau bercerita tentang pengalaman dan keharuannya ketika menemani finalis dalam PIMNAS 2023 yang dihelat oleh Universitas Padjadjaran di Jatinangor, Jawa Barat, 26 November – 1 Desember 2023. Menurut Dekan, pengalaman tersebut dan potensi yang dimiliki mahasiswa FIS menjadi latar belakang lahirnya gagasan pencanangan PKM RSH Center FIS UNIMED.

Wadah ini, dimasa depan diharapkan dapat menjadi sarana mempertahankan sekaligus meningkatkan kualitas mahasiswa dalam mempersiapkan proposal PKM-RSH sehingga potensi yang ada bisa dikelola dan dikembangkan.

Lanjut Dekan FIS megatakan pentingnya semacam wadah untuk “membumikan PKM” di FIS, bukan saja untuk RSH tetapi juga untuk 5 Bidang PKM lainnya. “Nantinya, wadah ini menjadi bimbingan, asistensi, peer-teaching sesama mahasiswa dan dosen untuk menggodok usulan PKM dan penelitiannya. Banyak potensi RSH di FIS, namun, kekurangtelitian pada sistematika, kedalaman metode, novelty, dan simpulan yang seharusnya ditangani serius, berdampak pada kurang maksimalnya hasil. Beruntung saja, dua tahun terakhir, FIS mencatat juara favorit dan peraih medali perak, dan kita ingin meningkatkan prestasi itu,” imbuhnya.

Prof. Erond L. Damanik,  Wakil Rektor IV UNIMED yang dulunya menjabat sebagai wakil dekan bidang kemahasiswaan FIS menyatakan bahwa FIS memiliki potensi besar di PKM untuk ajang nasional yang dikelola Pusat Prestasi Nasional, Belmawa dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. “Peksiminas lebih spesifik ke seni, atau POMNAS ke olahraga, serta Saintek di FMIPA dan Teknik, Maka FIS seharusnya dapat juga membidangi lebih spesifik di PKM 5 bidang, terutama RSH. Kemudian, mekanisme dan tatacara kerja di wadah yang dibentuk dekan ini, seharusnya berfungsi maksimal, bukan saja menyiapkan proposal, menyesuaikan dengan buku pedoman, meracancang judul yang kreatif, termasuk kedalaman metodologi dan kajian untuk menghasilkan novelty serta tindaklanjut bagi pengetahuan dan praktis. PKM adalah kegiatan tahunan mahasiswa paling bergengsi di Kemendikbud ristek dimana mahasiswa FIS harus mampu mensejajarkan diri di wall of fame PKM nasional,” tuturnya.

FIS UNIMED pada ajang PIMNAS ke 36 tahun 2023 yang lalu mengirimkan mahasiswa-mahasiswa dalam 4 tim terbaiknya, mereka adalah Siti Wardani Nur Azmi, Yola Claudia, Fadinda Aisyah, Elvirida Lady Angel Purba, Esrawati Simanullang, Maya Br. Ginting, Windo Putra Sanjaya Simbolon, Ardiansyah, Jeremia Manik, Wahyuni Sinaga, Lisbeth Same Lady br. Tarigan, Yenni br. Sembiring, dan Sari Sesilia Depari. Adapun mahasiswa yang berhasil meraih Juara Favorit kelas Presentasi pada ajang bergengsi tersebut yaitu atas nama Siti Wardani Nur Azmi, Yola Claudia, Fadinda Aisyah, dan Elvirida Lady Angel Purba dengan Dosen Pendamping Dedi Andriansyah, S.Pd., M.Si, yang berhasil mengawal dan membantu mahasiswa membawa juara Favorit pada PIMNAS ke 35 dan 36. (Humas Unimed/zr)