Skip links

PPG Unimed, Dorong Pendidikan Literasi di Sekolah Dasar Melalui Case Method dan Project Team Based

Kegiatan Pengabdian Masyarakat Program Studi Pendidikan Profesi Guru Unimed Berjudul “Tingkatkan Literasi Siswa Melalui Eksplorasi Inovasi Pembelajaran Case Method dan Team Based Project Di Sekolah Dasar” Telah Berhasil Diselenggarakan. Di Sekolah Brigjen Katamso II Medan Marelan, Selasa (05/12/2023).

Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong pendidikan literasi di sekolah dasar melalui metode Case Method dan Project Team Based. Case Method adalah metode belajar yang menggunakan contoh sebagai acuan untuk memahami dan menyelesaikan masalah. Project Team Based adalah metode belajar yang menggunakan tim untuk mencapai tujuan belajar. Para dosen dan mahasiswa PPG melaksanakan kegiatan di sekolah dasar di Kecamatan Medan Marelan. Kegiatan ini dilaksanakan dalam dua hari, yaitu 5 – 6 Desember, hari pertama pendidikan literasi untuk guru dan pelatihan Case Method dan Project Team Based, pada hari kedua dilakukan Implementasi Case Method dan Project Team Based di kelas sekolah dasar.

Dalam kegiatan ini turut mengundang Prof. Dr. Syawal Gultom, dan Wakil Rektor Bidang Akademik Unimed Dr. Abil Mansyur, Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kota Medan, Pengawas Sekolah se-Medan Marelan, Kepala Sekolah se-Medan Marelan serta Guru SD dari seluruh SD dilingkungan  Medan Marelan.

Prof. Syawal Gultom dalam arahannya menyampaikan, pada Pasal 3 UU Disdiknas (Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan dan Pengajaran di Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah) menetapkan tiga prinsip utama dalam pendidikan dan pengajaran di sekolah dasar dan sekolah menengah yaitu Pendidikan dan pengajaran harus memiliki tujuan, maksud, dan acuan yang benar dan akurat, serta memiliki metode yang efektif dan efisien, kemudian Pendidikan dan pengajaran harus memiliki konten yang relevan, menyesuaikan dengan kebutuhan siswa, masyarakat, dan perkembangan ilmiah dan teknologi, serta Pendidikan dan pengajaran harus memiliki proses yang dinilai sangat baik, serta melibatkan siswa dalam proses belajar secara aktif dan kooperatif. “Pendidikan di Indonesia itu dilakukan untuk mengembangkan potensi dan agar orang itu menjadi orang yang bertanggung jawab. Jika ada anak Indonesia yang tidak berkembang potensinya, maka yang salah adalah pendidikan” ujar Prof. Syawal.

Lebih lanjut Prof. Syawal mengatakan, mengajarkan case method team based project pada siswa sekolah dasar dapat meningkatkan kemampuan literasi siswa, Case Method Team Based Project adalah sebuah metode belajar yang menggunakan contoh sebagai acuan untuk memahami dan menyelesaikan masalah literasi. Kemudian Membangun keterampilan kolaboratif dan komunikasi siswa. Dalam proyek ini, siswa bekerja dalam tim untuk mencapai tujuan belajar, proses ini akan membangun keterampilan dalam komunikasi dan kerja sama tim, yang akan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari mereka,

Peserta yang mengikuti kegiatan ini terdiri dari Guru Sekolah Dasar sebanyak 98 orang, 25 orang alumni PPG Dalam Jabatan Angkatan I Tahun 2023. Kedua peserta ini telah melakukan Workshop mulai pukul 8 pagi hingga 13:30 dengan materi praktek pembuatan perangkat pembelajaran, kemudian dilanjutkan tgl 6 Desember untuk melakukan praktek reels teaching di sekolah. Hal ini disampaikan oleh Koordinator PPG Unimed Dr. Tiur Malasari.(Humas Unimed/js)