Skip links

PKO Unimed Gelar Pelatihan Pelatih Fisik Level I Nasional

Prodi Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO) menggelar pelatihan pelatih fisik level I Nasional kepada puluhan calon pelatih di VIP Serbaguna Unimed. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 4 hari, mulai dari 7 September hingga 10 September 2023.

Pelatihan pelatih fisik level I nasional menghadirkan narasumber diantaranya : Prof. Dr. Ria Lumintuarso, M.Si. (Universitas Negeri Yogyakarta), Prof. Dr. Imran Akhmad, M.Pd. (Universitas Negeri Medan), Dr. Basyaruddin Daulay, M.Kes. (Universitas Negeri Medan). Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Dekan I Dr. Hariadi, M.Kes. AIFO., Kajur PKO Yan Indra Siregar, S.Pd., M.Pd., dan Sekjur PKO Mahmuddin, M.Pd. dan panitia penyelenggara.

Dalam sambutan pembukaan acara, Prof. Dr. Imran Akhmad, M.Pd. menyampaikan pentingnya pelatihan ini bagi lulusan Universitas Negeri Medan. Sertifikat kompetensi dibutuhkan untuk menunjang karir bagi pelatih-pelatih muda. Pelatih olahraga merupakan seseorang yang kompeten dalam cabang olahraga tertentu dan bertugas untuk menyiapkan fisik juga mental olahragawan ataupun kelompok olahragawan. Dalam sebuah pertandingan, pelatih punya peran yang cukup sentral dalam menentukan taktik dan strategi. Jadi, seorang pelatih tidak sekadar memberikan porsi latihan fisik dan dukungan moral, namun pelatih juga dituntut mengetahui banyak bidang ilmu pendukung untuk bisa membantu atletnya mencapai prestasi optimal. Seorang pelatih olahraga bertanggung jawab dalam menyusun menu latihan olahraga dengan pengetahuan spesialis yang dimiliki seperti pengetahuan mengenai fungsi gerakan olahraga. Program latihan olahraga dibuat setelah memahami karakteristik tubuh, usia, keadaan fisik, dan masalah kesehatan dari individu serta kemampuan awal yang atlet miliki. Pelatih olahraga membimbing seseorang untuk meningkatkan kinerja fisik tubuh, kekuatan otot, dan sebagainya.

Pelatihan ini diselenggarakan bekerjasama dengan Lembaga Pendidikan Pelatih Olahraga (LP2 LANKOR) adalah sebuah lembaga yang merupakan lembaga independent non pemerintaha (NGO) yang bergerak dibidang pendidikan dan peningkatan kualitas kepelatihan Olahraga. LP2O LANKOR merupakan wahana edukatif yang berusaha menanamkan semangat keolahragaan yang diharapkan mampu melahirkan manusia Indonesia sebagai insan yang berwatak sportif dan berbudi luhur. Rekan-rekan pelatih yang telah mengikuti kegiatan pelatihan dan dianggap lulus maka dapat bergabung pada asosiasi yang bernama Indonesia Conditioning Coaches Asociation (ICCA).

Setiap pembicara menyampaikan pemaparan materinya menggunakan power point, kemudian pemateri memberikan sesi tanya jawab kepada peserta pelatihan atau peserta langsung mengajukan pertanyaan selama pemateri menyampaikan materinya. Para peserta terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan. Sebelum acara penutupan, dilakukan sesi post test untuk menguji para peserta pelatihan apakah lulus atau tidak dalam pelatihan ini dan berhak mendapatkan sertifikat dan kartu anggota. (Humas Unimed/eo)