Skip links

Kolaborasi Nyata Tim KKN Bandar Khalipah dengan Yayasan GPS dalam Memeriahkan Acara Pesta Sungai Tembung 2023

Pesta Sungai Tembung 2023 kembali digelar sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 2018. Yayasan Gerakan Peduli Sungai (GPS) kembali menyemarakkan acara besar pemeliharaan sungai dalam rangka untuk memperingati hari sungai yang jatuh pada 27 Juli 2023 serta untuk memeriahkan acara Perayaan 17 Agustus 2023. Pada kesempatan kali ini tidak hanya pegiat lingkungan tetapi Tim KKN UNIMED 2023 pun turut andil dalam mengambil peran dan berkolaborasi untuk menghidupkan suasana dalam acara besar yang mengangkat tema “Merawat Arus Kehidupan”.

Perayaan pesta yang digelar dengan meriah dan dilaksanakan di Sanggar Literasi Tembung Jalan Duku Raya/Jalan Sungai Teratai (Tepian Sungai Tembung/DAS Percut) Perbatasan Desa Bandar Khalipah-Laut Dendang, Kecamatan Percut Sei Tuan, Deli Serdang, Minggu (6/8/2023). Kesempatan emas ini dimanfaatkan Ketua Tim Posko KKN Bandar Khalipah Mulfi Budiman Nasution (Pendidikan Antropologi) untuk menjalin kerja sama yang baik dengan Ketua Yayasan GPS Luthfi Hakim Fauzi dalam menyukseskan Pesta Sungai Tembung 2023. Tak lupa beberapa organisasi dan komunitas setempat juga turut mengambil peran sebagai tenaga swadaya yang berjasa dalam suksesnya acara ini.

Kegiatan aksi nyata sebagai bentuk perhatian atas tercemarnya daerah aliran sungai Tembung oleh sampah dalam kegiatan observasi lingkungan yang sejalan dengan program kerja Mahasiswa KKN UNIMED serta tujuan global dalam SDGs yang digalakkan Pemerintah Republik Indonesia. Pada kesempatan itu pula, Dosen Pendamping Lapangan Bapak Artha Mahindra Diputera, M.Pd. bersama Bapak Anada Leo Virganta, S.Pd., M.Pd dalam kegiatan pendampingan berharap kegiatan Pesta Sungai Tembung memiliki dampak positif terhadap lingkungan dan edukasi kesadaran masyarakat untuk dapat menghentikan pencemaran lingkungan sepanjang DAS Tembung.

Perayaan Pesta Sungai Tembung 2023 dirangkai dengan berbagai kegiatan menarik. Dimulai dengan susur sungai dari Jembatan Mega City, Penanaman Pohon dan Vetiver, Penaburan Benih Ikan, Dialog Lingkungan, Lomba Mewarnai, hingga Live Music yang dibawakan langsung Kenduri Kopi dan Nada Citra. Narasumber-narasumber keren pun diundang untuk mengisi dialog lingkungan. Mulai dari Kadis Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Ir. Yuliana Siregar, M.AP. yang diwakili langsung oleh Akmal, Ketua Forum DAS SUMUT Prof. H. Abdul Rauf, Direktur Eksekutif Leuser Conservation Partnership Ismail,S.Hut,MA dan Koordinator Forum Indonesia Muda (FIM) Sumut Yesi Chairani Tanjung, S.Sos, M.Si.

Tiada yang menyangka salah satu aktivis politik yang juga merupakan mantan Ketua Komite II DPD RI Perlindungan Purba sangat bangga dengan anak-anak muda yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan hidup, salah satunya adalah menjaga dan merawat sungai sebagai sumber kehidupan.

“Salah satu bentuk konkret dari usaha kita dalam merawat dan memelihara sungai adalah dengan tidak melakukan pembuangan sampah ke dalam aliran sungai. Selain itu, kita juga berupaya untuk menanam lebih banyak pohon di sekitar sungai dan turut berpartisipasi dalam menjaga kebersihannya. Untuk mengajak masyarakat agar tidak membuang sampah ke sungai, diperlukan waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, upaya penyadaran harus dimulai sejak usia anak-anak. Edukasi mengenai hal ini dapat dilakukan di lingkungan sekolah maupun dalam keluarga,” jelasnya.

Hal yang sama pula dirasakan langsung oleh Dosen Pembimbing Lapangan KKN UNIMED 2023 Artha Mahindra Diputera, M.Pd. yang menyatakan langsung untuk terus semangat dan melanjutkan pengabdian Tim KKN UNIMED sehingga menebar kebaikan semakin meluas.

Artha Mahindra sangat berharap kolaborasi berbagai bidang anggota TIM KKN Bandar Khalipah yang berasal dari berbagai Fakultas di Universitas Negeri Medan yaitu Abbel Febriola (Administrasi Perkantoran, Salsabila (Administrasi Perkantoran), Nadhira Zahra Siregar (Manajemen), Aida Fitri (Pendidikan Matematika), Nur Aini Batubara (Pendidikan Kimia), Reza Muhtadin (Matematika), Adinda Audy Sianipar (Pendidikan Bahasa Inggris), Grace Meylin Hutauruk (Pendidikan Antropologi) Kristina Sianturi (Pendidikan Bahasa Inggris), Nazli Amelia (Pendidikan Bahasa Inggris), Gading Hakim A. Daulay (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), Hilda Amalia (Pendidikan Matematika), Mesi Ayu Andira (Kimia), Putri Octaviani (Kimia), Johannes Martuah Damanik (Pendidikan Kepelatihan Olahraga), M. Ari Maulana (Ilmu Komputer), Mahpud (Ilmu Keolahragaan), Rezki Antoni F. Ginting (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), Nurdini Atiqah (Matematika), Asri Elfrida Marpaung (Pendidikan Antropologi), Sri Tiurma B. Sinaga (Pendidikan Geografi), dan Yoyuti Sanata Capah (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) saling erat, saling peduli dan menguatkan sesama, dan saling berdampak demi kemajuan Desa Bandar Khalipah. Sesuai dengan tagline uniknya, ‘Semangat Membangun Bangsa’. (Humas Unimed)