Skip links

Tim PKM LPPM UNIMED Berikan Pendampingan Penciptaan Puisi dengan Model TPS Pada Anak-anak di Sanggar Srasi Semat  

Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) LPPM Universitas Negeri Medan melakukan pengabdian masyarkat dengan memberikan pendampingan penciptaan puisi dengan model Think Pair Share (TPS) pada anak-anak di Sanggar Srasi Semat.

Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Juni 2023. Program ini diketuai oleh Dr. Wisman Hadi, M.Hum., dengan anggota Dr. Abdurahman Adisaputera, M.Hum., dan Trisnawati Hutagalung, S.Pd., M.Pd., serta 5 orang mahasiswa Universitas Negeri Medan.

TIM PKM ini bekerja sama dengan Kepala sanggar Srasi Semat, yaitu Lili Sartika, S.Pd. Pendampingan ini diikuti oleh anak-anak sanggar Srasi Semat dengan harapan membantu mengembangkan keterampilan menulis anak terutama menulis puisi dengan narasumber Syahrizal Akbar, M.Pd.

Menurut Dr. Wisman Hadi, M.Hum., menulis puisi merupakan cara seseorang meluapkan emosi ke dalam sebuah tulisan. Menulis puisi ini berupa kegiatan penuangan perasaan dan pemikiran seseorang dari hasil pengalaman hidupnya, hal-hal yang disukai atau diminati. Proses penciptaan puisi atau menulis puisi pada anak dapat menggunakan model Think Pair Share (TPS) karena model ini dapat merangsang ide anak-anak melalui interaksi dan saling berbagi pengalaman atau hal yang diminati sehingga anak-anak mendapatkan ide untuk menulis puisi dan anak-anak dirangsang semangat belajarnya dengan bermain game yang melatih fokus anak.

Kegiatan ini diharapkan akan membantu mitra dengan menambahkan informasi dan pengetahuan bagi anak-anak dalam menciptakan atau menulis puisi. Produk hasil PKM ini berupa buku Antologi Puisi yang terdaftar dalam ISBN.(Humas Unimed)

Leave a comment