Skip links

Fajar Maulana Mahasiswa FMIPA UNIMED Raih Juara 1 MTQMN di UNJA

Salah satu mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FMIPA Unimed berhasil meraih juara 1 pada Ajang Lomba MTQMN di Universitas Jambi tepatnya pada Cabang Lomba Tartil Quran. Lomba MTQMN ini diadakan di Universitas Jambi setiap 2 tahun sekali. Pada tahun 2023 ini, MTQMN UNJA mengusung tema yang berbeda dari waktu sebelumnya yaitu “Intenaliasai Nilai-Nilai Al-Quran dalam Rangka Membentuk Insan yang Beriman, Bertakwa, dan Menerapkan Nilai-Nilai Al-Quran dalam Kehidupan Sehari-hari”.

Pelaksanaan acara lomba sudah dimulai sejak tanggal 8-12 Mei 2023 untuk persiapan panitia, dilanjut pada tanggal 15 Mei sampai dengan 10 Juni 2023, untuk pendaftaran dan pengumpulan karya lomba secara daring, kemudian pada tanggal 12-16 Juni 2023 seleksi babak penyisihan.

Terakhir, pada tanggal 19-22 Juni 2023 adalah pelaksanaan babak Final Lomba secara langsung (offline) di Universitas Jambi di 5 lokasi yang berbeda dalam lingkup kampus. Cabang yang lombakan antara lain : Tilawatil Quran, Tartilil Quran, Maulid Barzanji, Hifzhil Quran 5 juz, Hifzhil Quran 10 Juz, Syarhil Quran dan Karya Tulis Ilmiah Kandungan Al-Quran. Peserta yang mengikuti kegiatan lomba ini dari puluhan perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia, namun setelah diseleksi pada babak penyisihan tinggal 4 orang finalis dari sejumlah cabang yang di lombakan.

Adapun perwakilan (kafilah) dari Universitas Negeri Medan yang masuk finalis adalah Fajar Maulana Nasution, mahasiswa prodi Pendidikan Matematika FMIPA stambuk 2020. Tampil pada urutan ke-4, sesuai dengan undian nomor peserta yang diadakan tepat sebelum pelaksanaan lomba, membacakan Al-Quran Surah Ibrahim ayat 13-22 sesuai dengan aturan pada Lomba Tartil dengan menggunakan aturan lampu hijau, kuning dan merah. Adapun peserta lomba berasal dari berbagai Universitas yang ada di Indonesia. Cabang Lomba Tartil Quran pada babak penyisihan terdapat 300-an video yang telah diterima panitia Lomba. Sedangkan, pada putaran final, tersisa 4 peserta yang menyisakan juara 1 dan 2 masing-masing diraih oleh 1 mahasiswa sedangkan juara 3 diraih oleh 2 mahasiswa.

Dekan FMIPA Unimed Prof. Dr. Fauziyah Harahap, M.Si. Saat mendapatkan kabar juara dari mahasiswa, dekan turut bangga atas prestasi yang telah diraih dan mengucapkan selamat kepada Fajar Maulana Nasution yang telah mengukir prestasi tingkat nasional pada ajang lomba MTQMN di Universitas Jambi. Semoga prestasi ini dapat memotivasi mahasiswa lainnya untuk maju terus menggapai mimpi dan berprestasi terutama pada bidang Al-Quran dan semua bidang baik umum dan keagamaan. Sebelum berangkat ke Jambi, Dekan FMIPA itu juga berpesan agar tetap semangat dalam mengikuti lomba dan tidak lupa untuk berdoa kepada Allah SWT agar diberi kemudahan dan kelancaran untuk meraih juara.

Rektor Unimed Prof. Dr. Syamsul Gultom, saat mendapatkan kabar juga mengucapkan selamat dan ikut bangga, semoga sdr Fajar dapat semakin berprestasi pada ajang-ajang lomba yang lainnya. Serta prestasi dapat mendorong semua mahasiswa Unimed untuk lebih giat belajar dan semakin gigih dalam mengasah pengetahuan, skill dan minat/bakat agar terus meraih prestasi yang membanggakan.(Humas Unimed)