Skip links

FBS Unimed dan TEFLIN Chapter Sumatera Utara gelar Public Lecture bahas Pembelajaran Bahasa di Abad 21

Inovasi Pembelajaran bahasa pada abad 21 merupakan tantangan yang harus dihadapi, salah satunya adalah meningkatkan kemampuan pedagodi dimana merupakan suatu esensi yang sangat dibutuhkan di abad 21. Pedagogi memberikan aksesibilitas dan fleksibilitas dalam kegiatan pembelajaran untuk mengakomodir kebutuhan dan memberikan ruang yang luas secara aktif dan partisipatif dalam proses pembelajaran.

Untuk membahas lebih dalam mengenai hal tersebut, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan berkolaborasi dengan TEFLIN Sumut mengadakan Public Lecture dengan tema “Beyond Method : Language Pedagogy in The 21st Century” yang berlangsung pada Jumat 26 may 2023. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara Hybrid yakni luring dilaksanakan di Aula FBS lt.3 dan daring dengan memanfaatkan platform zoom meeting. Public Lecture atau kuliah Umum ini menghadirkan Subhan Zein, Ph.D yang merupakan Dosen Australia National University dan juga Visiting Profesor di Universitas Pendidikan Indonesia.

Turut hadir pada acara tersebut Wakil Dekan I, Wakil Dekan II, Wakil Dekan III, Sekertaris Teflin Chapter Sumut Dr. Meisuri, M.A., Ka Prodi S2 LTBI., Ka Prodi S3 LTBI Prof.Dr Amrin Saragih, M.A fungsionaris, Guru-Guru dan Dosen di lingkungan FBS Unimed.

Dekan FBS Dr. Abdurrahman Adisaputera, M.Hum. mengapresiasi dan mendukung kegiatan yang dilakukan oleh dosen-dosen bahasa Inggris dan semoga kegiatan ini berdampak positif bagi kemajuan jurusan dan meningkatkan mutu kualitas dosen maupun lulusan yang sesuai dengan kebutuhan di dunia kerja maupun lingkungan sekolah, serta dapat membawa dampak yang besar pada pengajaran Bahasa inggris di Indonesia. Karena pentingnya bagi kita untuk beradaptasi dengan perubahan informasi di dunia maka dengan konferensi ini guru Bahasa inggris

Subhan Zein, Ph.D menjelaskan rancangan pembelajaran Bahasa di abad 21 yang menggunakan metode pembelajaran Bahasa di kelas dengan merancang tugas dan penugasan untuk menghilangkan stereotype budaya juga untuk membangun kesadaran hubungan dan identitas budaya. Serta membangun kepekaan tentang kekayaan budaya dan memperlakukan siswa sebagai informan budaya.

Dr. Masitowarni Siregar, M.Ed. sebagai kordinator Teflin Sumut mengatakan berterima kasih kepada narasumber bisa berbagi dan memberikan stimulus dan juga motivasi. Semoga nantinya bisa juga membantu untuk menjalin hubungan dengan Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris FBS Unimed serta LTBI Pascasarjana dan semoga kegiatan ini akan berkelanjutan untuk mewarnai kegiatan dengan bidang yang lain.(Humas Unimed/dv)