Skip links

WD2 FE Unimed Jadi External Reviewer di Prodi S3 Akuntansi UITM Malaysia

Wakil Dekan 2 Fakultas Ekonomi Unimed Dr. Azizul Kholis, SE, M.Si, M.Pd, CMA, CSRS tampil sebagai External Reviewer dalam sidang International Collocium program studi Doktor Akuntansi bagi Ph.D student di Universiti Teknologi Mara, Cawangan Kelantan Malaysia. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Senin 20 Maret 2023 bertempat di Kampus Machang, Negeri Kelantan. Kedatangan WD2 FE Unimed Dr. Azizul Kholis, SE, M.Si, M.Pd, CMA, CSRS bersama penguji luar lainnya dari Indonesia yaitu Prof. Dr. Iskandar Muda, SE, M.Si, Ak, CA, CMA dari FEB USU di terima langsung oleh Rektor UiTM Kelantan Prof. Dr. H. Abdol Samad bin Nawi dan Prof. Madya Dr. Noor Marini binti Abdullah selaku Pelaksana program, Dr. Wan Zurina dan Dr. Siti Haliza selaku Internal Reviewer.

Pada kesempatan tersebut Rektor Prof. Abdol Samad menyambut baik program international collocium yang dilaksanakan untuk pengujian proposal disertasi bagi mahasiswa S3 Program Studi Akuntansi di UiTM melalui kerjasama internasional yang melibatkan para dosen dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Ditegaskan Prof. Abdol Somad tindak lanjut dari kegiatan ini adalah penyempurnaan proposal disertasi mahasiswa sampai dengan pelaksanaan ujian akhir pencapaian gelar doktor mahasiswa yang bersangkutan. Prof. Abdol berharap kedepan kerjasama institusi dapat terus dilakukan baik berupa research collaboration maupun joint publication sehingga dapat meningkatkan kualitas penelitian dibidang akuntansi.

Sementara itu Dr. Azizul menyatakan bahwa kegiatan ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2020 berdasarkan MoU antara Rektor Unimed dengan Rektor UiTM yang dilakukan secara daring karena kondisi Covid 19. Bentuk kongkrit telah dilakukan berbagai kegiatan antara FE Unimed dengan Accounting Research Institut (ARI) UiTM Shah Alam, kemudian tahun 2021 dilakukan research antara FE Unimed dengan Fakulti Perakaunan, UiTM Puncak Alam. Ditegaskan oleh Dr. Azizul bahwa maksud dari seluruh kegiatan yang dilakukan adalah untuk mendukung pencapaian Indikator Kinerja Utama ditingkat Fakultas dan tujuan utamanya adalah memberikan kontribusi terhadap pencaipan IKU Rektor Unimed yaitu pada program dan kegiatan dosen beraktifitas diluar kampus dan dosen yang melakukan aktifitas internasional di kampus luar negeri.

Lebih jauh Dr. Azizul menguraikan bahwa terdapat sebanyak tujuh orang mahasiswa S3 akuntansi yang memaparkan proposal penelitian disertasi dalam forum tersebut dalam berbagai bidang kajian yaitu public sector accounting, management accounting, dan financial accounting. Dr. Azizul sendiri mendapatkan kesempatan untuk menguji dua orang mahasiswa doktor yang mengajukan proposalnya. Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan di Malaysia 19 s.d 22 Maret 2023 di dua kampus yang berbeda yaitu sebagai external reviewer di Universiti Teknologi Mara Kelantan dan sebagai Visiting Lecturer dalam penjajakan Mobility Program di University Malaysia Trengganu. Saat berada di University Malaysia Trengganu, Dr. Azizul disambut oleh Dr. Zikri dan Dr. Putra selaku Coordinator Mobility Program, tindak lanjut yang diharapkan adalah pelaksanaan konferensi Internasional bersama yang digelar pada bulan November 2023 mendatang. (Humas Unimed/eo)

Leave a comment