Skip links

Membangun Nilai-Nilai Kedamaian, Unimed Gelar Studium General

Universitas Negeri Medan menggelar Studium General dengan mengangkat tema “Membangun nilai-nilai kedamaian melalui optimalisasi peran mata kuliah wajib umum (MKWU) dalam kehidupan berbangsa dan bernegara” melalui virtual zoom dan live streaming youtube UnimedOfficial, pada Rabu (30/11). Acara ini dibuka secara resmi oleh Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes. dan diikuti juga oleh Wakil Rektor, Senat Universitas, Dekan dan Wakil Dekan se-lingkungan Unimed, Kajur dan Kaprodi, Dosen dan ratusan mahasiswa Universitas Negeri Medan.

Studium General ini menghadirkan narasumber Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. (Ketua Senat Universitas Negeri Medan), Prof. Dr. Cecep Darmawan S.Pd., S.IP., S.H., M.H., M.Si. (Guru Besar UPI dan Ketua Prodi PKn S2 dan S3 UPI), Dr. Epin Saepudin, M.Pd. (Dosen Bidang Ilmu Pancasila dan Kewarganegaraan ITB) dan dimoderatori oleh Drs. Halking, M.Si. (Dosen Universitas Negeri Medan).

Dalam sambutannya, Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes. mengatakan “Salah satu tujuan kegiatan kita ini adalah penguatan komitmen dan menyatukan persepsi kita semua, erutama Bapak Ibu Dosen MKU untuk lebih fokus pada arah tujuan utama matakuliah MKU, yakni pada pengembangan kepribadian dan etika mahasiswa dalam membentuk jati diri untuk memiliki sikap yang santun dan bermartabat, serta mampu mewujudkan tagline UNIMED yaitu The Character Building University bagi seluruh mahasiswa dan lulusan. Kita berharap melalui kegiatan Stadium General yang dilaksanakan oleh kantor MKU Unimed, Para Narasumber dapat memberikan pencerahan, panduan dan pola perkuliahan yang dapat dilakukan oleh para dosen MKU agar mata kuliah MKWU dapat diarahkan dalam membangun nilai-nilai kedamaian melalui optimalisasi peran matakuliah wajib umum (MKWU) dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, karena seluruh mahasiswa UNIMED merupakan bagian dari masyarakat dan warga negara Indonesia.”

“Melalui surat keputusan Ditjen Dikti No. 84/E/KPT/2020 tentang pedoman pelaksanaan matakuliah wajib pada kurikulum Pendidikan Tinggi. MKWU ini dibentuk untuk menyiapkan karakter mahasiswa di Perguruan Tinggi dalam mencetak generasi unggul. Sehingga mahasiswa Indonesia dapat mengembangkan potensi diri melalui pembelajaran yang fleksibel dan disesuaikan dengan era revolusi industri 4.0 dan era society 5.0. Pentingnya MKWU ini sebagai dasar pondasi dalam menyahuti peningkatan kualitas SDM yang berkarakter untuk Indonesia maju. Melalui MKWU, diharapkan mampu melahirkan generasi muda yang cerdas dan berakhlak mulia serta mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman, dan nilai-nilai agama dan Pancasila dijadikan dasar dalam berbangsa dan bernegara, serta tidak meninggalkan nilai budaya kearifan lokal,” terang Rektor. (Humas Unimed/eo)