Skip links

Tim LPPM UNIMED Laksanakan Pengembangan Sentra Produksi Selai Nenas di Desa Sipahutar II Kab.Tapanuli Utara

TIM PKM (Program Kemitraan Masyarakat) LPPM Universitas Negeri Medan Melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat di Desa Sipahutar, Kab. Tapanuli Utara. Kegiatan yang dilaksanakan yakni pengembangan sentra pengolahan buah nenas Sipahutar menjadi selai nenas dan olahan nenas lainnya. Pada kegiatan ini juga dilakukan sosialisasi tentang produk olahan nenas dan metode pemasaran. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan wawasan dan peluang bagi masyarakat desa Sipahutar dan meningkatkan nilai nenas yang ada di Sipahutar. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai Oktober 2022.

Program ini diketuai oleh Aristo Hardinata, M. Pd. Dengan anggota Prof. Dr. Fauziyah Harahap, M. Si., Dr. Rahmatsyah, M. Si., Risti Rosmiati, S. Gz., M. Si. Selain itu kegiatan ini melibatkan Mahasiswa Pendidikan IPA dan Mahasiswa Fisika dalam pelaksanaannya.

Menurut Aristo Hardinata, M. Pd., ketua Tim PKM, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan nilai nenas di Sipahutar. Kec. Sipahutar merupakan Kecamatan penghasil nenas terbesar di Sumatera Utara, Hampir dari 70% nenas di Sumatera Utara berasal dari Sipahutar. Nenas Sipahutar juga sudah dikenal dengan buahnya yang memiliki kualitas yang baik yakni dengan ukuran yang besar, rasa yang manis, dan mengandung kadar air yang tinggi. Dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan alternatif bagi masyarakat dalam pemasaran nenas dan tentunya dengan nilai yang lebih tinggi. Kegiatan ini sangat diapresiasi oleh masyarakat Desa Sipahutar II khususnya, Kepala Desa Sipahutar II mengucapkan terima kasih atas perhatian dari UNIMED dan semoga kegiatan-kegiatan PKM lainnya dapat terlaksana di Kec. Sipahutar.(Humas Unimed)