Skip links

Dosen UNIMED Latih Guru SMA Negeri 5 Binjai Pembuatan Video Pembelajaran

Dosen Universitas Negeri Medan melalui Program Pengabdian Masyarakat melakasanakan kegiatan pelatihan pembuatan dan pengeditan editor video pembelajaran di SMA NEGERI 5 Binjai pada hari senin 19 Juli 2022. Dosen UNIMED yang melaksanakan kegiatan tersebut diketui oleh Dr. Hermawan Syahputra, M.Si, dengan anggota Dr. Ani Sutiani, M.Si, Prof. Dr. Martina Restuati, M.Si, dan Said Iskandar, M.Si,

Kegiatan ini diikuti oleh 30 guru dari berbagai bidang studi pelajaran. Kegiatan ini dibuka oleh kepala sekolah SMA Negeri 5 Binjai Sapril Daniel Lubis, S.Pd. “Kegiatan pelatihan editing video pembelajaran ini sangat berguna bagi guru-guru, karena akan meningkatkan kemampuan para guru dalam merancang, membuat video dengan alat rekam HP, kemudian transfering dan editing, sampai publikasi” ujar Sapril. Menurutnya kegiatan ini menambah motivasi bagi guru-guru untuk melengkapi bahan ajar berupa video pembelajaran yang selama ini belum opitmal. Walaupun sekarang sudah masuk masa new normal, namun pembelajaran dikelas dan kegiatan kemahasiswaan dapat didokumentasikan melalui sebuah video pembelajaran.

Ketua Program Kegiatan ini Dr. Hermawan Syahputra mengatakan “Program Kegiatan Masyarakat yang dilakukan di SMA NEGERI 5 BINJAI ini merupakan satu dari kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang harus dipenuhi sebagai salah satu dari tiga tugas pokok dari perguruan tinggi, disamping itu kegiatan ini juga merupakan panggilan untuk membantu dan menyebarkan pengetahuan mengenai pembuatan video pembelajaran di sekolah, semoga kedepanya kegiatan ini menambah mativasi untuk guru dalam berkreasi membuat video pembelajaran.”

Para guru mengikuti acara ini secara antusias, menurut para guru pembuatan video pembelajaran yang selama ini dianggap sulit, ternyata sangat mudah dan tidak terlalu sulit, jadi diharapkan kedepannya setiap guru memiliki bahan ajar video yang bisa diakses oleh siswa. Acara ini dilaksanakan selama 2 hari, dihari pertama guru-guru diberi bimbingan dan pendampingan dalam pembuatan video pembelajaran dan pada hari ke 2 guru-guru mempresentasikan hasil dari video pembelajarannya dan dilakukan evaluasi untuk perbaikan sehingga menjadi video yang lebih baik.(Humas Unimed/zr)