Skip links

LPPM dan FIS Kolaboratif dalam Sukseskan KKN Mahasiswa Unimed di Kab. LABURA

LPPM Unimed gelar Pembekalan Mahasiswa KKN dengan Kabupaten Labuhan Batu Utara tahun 2022 melalui virtual zoom meeting dan live streaming youtube LPPM Unimed pada Selasa (19/7). Tema KKN pada tahun ini adalah “Membangun Desa Di Era New Normal”. Dengan menghadirkan narasumber H. Muhammad Suib SPd MM . (Sekretaris Daerah Kabupaten Labuhanbatu Utara), Dr. Tappil Rambe, M.Si (Wakil Dekan I FIS Unimed) dan Abdul Haris M.Pd (Tim LPPM). Acara ini dibuka oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial Unimed Dra.Nurmala Berutu, M.Pd juga diikuti oleh para Wakil Dekan, Fungsionaris, Dosen, dan Mahasiswa.

Dalam sambutannya Dekan Fakultas Ilmu Sosial Unimed Dra.Nurmala Berutu,M.Pd. mengatakan “KKN ini merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang merupakan Tri Darma Perguruan Tinggi yang dilakukan oleh mahasiswa melalui kemitraan Perguruan Tinggi dengan pemerintah kabupaten di wilayah Provinsi Sumatera Utara. Untuk labuhan batu utara jumlah desa yang menjadi lokasi KKN sekitar 43 desa di 6 kecamatan dengan jumlah mahasiswa sekitar 885 orang, 43 DPL, dan 6 koordinator kecamatan. Tujuan KKN adalah mengembangkan kompetensi mahasiswa dalam mengaplikasikan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang telah dimiliki sehingga mampu merancang dan melaksanakan program yang dapat merealisasikan pembangunan Desa di Era Pandemi Covid-19 dan New Normal berdasarkan bidang ilmunya. Sesuai dengan tujuan KKN ini merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu yang di peroleh selama perkuliahan.”

Selanjutnya Dekan FIS Unimed berharap KKN ini dapat memberi dampak positif membangun manusia dari sisi pendidikan social ekonomi dan budaya bagi masyarakat desa dan juga memberikan dampak positif bagi mahasiswa dengan pengalaman yang diperoleh maka sekembalinya dari KKN diharapkan telah memiliki draft untuk penelitian skripsi maupun untuk program-program lainnya seperti program kerjasama, program pengabdian masyarakat, dan program lainnya.

Dalam paparannya, H. Muhammad Suib S.Pd MM . menyampaikan dukungan sepenuhnya untuk siap sebagai tuan rumah pelaksanaan KKN. Kabupaten Labuhanbatu Utara adalah pemekaran dari Kabupaten Labuhanbatu berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 tahun 2008, tanggal 21 Juli 2008 tentang Pembentukan Kabupaten Labuhanbatu Utara di Provinsi Sumatera Utara. Labuhanbatu Utara secara administratif terdiri dari 8 Kecamatan, 82 Desa dan 8 Kelurahan dengan jumlah penduduk 317.236 jiwa. Potensi daerah Kabupaten Labuhanbatu Utara yaitu dari sector Pertanian, Tanaman Pangan, Holtikultura, Sektor Perkebunan dan Kehutanan, Sektor Peternakan, Perikanan,, dan Kelautan, Sektor Cagar Budaya, Pariwisata, Pertambangan, dan Sektor Industri.

Dr. Tappil Rambe, M.Si mengatakan KKN merupakan mata kuliah dengan bobot 3 sks, dan diberangkatkan oleh Rektor Unimed secara daring tanggal 22 Juli 2022. KKN dilaksanakan secara blanded selama 1 bulan dilapangan dilanjutkan workshop di kampus dengan menerapkan protokol kesehatan. DPL melakukan pembimbingan dan pendampingan secara daring, dan memberikan tugas terstruktur, memeriksa laporan kegiatan, melakukan kegiatan workshop, dan memberikan nilai. Penyerahan mahasiswa KKN kepada Pemkab Kab. Labura dilaksanakan secara langsung di Aula Kantor Bupati pada tanggal 25 Juli 2022 yang di hadiri Pemkab, Koordinator Kec dan Mahasiswa KKN. (Humas Unimed/fg)