Skip links

Prof. Dr. Nasrun, MS.

Prof. Dr. Nasrun, MS. merupakan guru besar di jurusan Pendidikan Bimbingan dan Konseling di Fakultas Imu Pendidikan Unimed. Beliau juga pernah menjabat Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan selama 2 periode, mulai dari periode 2005 – 2009 dan periode 2009 – 2013. Selanjutnya ia menjabat sebagai Dekan FIP selama dua periode berturut-turut, mulai dari periode 2012 – 2016 dan periode 2016 – 2020.

Pengalamannya dalam mengajar kurang lebih 40 tahun, dia dedikasikan untuk mengembangkan pendidikan di Universitas Negeri Medan. Dia sangat dikenal baik oleh mahasiswa, karena keramahan dan juga kesederhanaannya.

Nasrun mengenyam pendidikan S1 Jurusan BK di IKIP Medan pada tahun 1977. Kemudian ia melanjutkan studi ke Universitas Padjajaran S2 Jurusan Ilmu Komunikasi pada tahun 1988. Dan ia pun menyelesaikan studi S3 Jurusan Manajemen Pendidikan di Universitas Negeri Medan pada tahun 2015. Dan meraih Gelar Guru Besar pada tahun 2019.

Kepiawaiannya dalam mengelola dan mempimpin FIP membuatnya dianugerahi As The Winner Of Best Lecturer dari Forum Ilmiah Pendidikan – Jurusan Ilmu Pendidikan (FIP-JIP) di Universitas Negeri Malang pada tahun 2018. Banyak penelitiannya memberikan sumbangsih besar kepada pengembangan pendidikan di Sumatera Utara, seperti Pengaruh Persepsi Terhadap Kualitas Personal Konselor Dengan Pemanfaatan Program Konseling Sekolah Pada Siswa SMAN Di Kota Medan (2013), Pengaruh Pemberian Insentif, Kompetensi Kepribadian Guru, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri Kota Medan (2014), Efektifitas Teknik Sentuh/Tidak Sentuh dalam Meningkatkan Pemahaman Sebagai Usaha Preventif Pencegahan Pelecehan Seksual Pada Siswa Sekolah Dasar (2015) dan Pengembangan Instrumen Evaluasi 6 Tugas Mata Kuliah Dalam KKNI (2019).

Pria kelahiran Medan, 14 Mei 1957 ini pun juga aktif menulis, karya buku yang telah ia selesaikan diantaranya Perkembangan Peserta Didik (2015) dan Manajemen Pendidikan dan Peningkatan Mutu (2016). Selain buku, ia juga aktif dalam menulis artikel ilmiah di Jurnal Internasional diantaranya : Contextual Learning Approach in Improving Critical Thingking Skills of Guidance and Counseling Students of State University of Medan (2014), Incentive Scheme to Senior High School Teachers of medan city Impacted to Their Perfomance (2015), Exogenous and Endogenous Impacts into Teachers Work Perfomance Sphere (2016), The Effect Of Incentive Reward, Teacher Psychological Competence, And School Principal Leadership On Teacher Work Motivation In Senior High Schools In Medan (2017), The Effect Of Incentive Reward, School Principal Leadership, Work Motivation On The Perfomance Of Senior High School Teachers In Medan (2018), How to Teach Critical Thinking : A Blessing or A Learning Process? (2018) dan The Effect Of Dean Leadership, On the Perfomance of Lecturers Working in The Faculty of Education in Medan State University (2019). Ia juga menulis artikel ke Jurnal Nasional, seperti : Pengaruh Dan Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru Terhadap Memaksimalisasi Stakeholder Di Sma Plus Al-Azhar, Pengembangan Instrumen Evaluasi 6 Tugas Mata Kuliah Dalam KKNI, dan Mengembangkan Panduan Tugas Penelitian Mini Untuk Siswa Semester Pertama yang mendaftar di Universitas Negeri Medan.

Saat ini Nasrun aktif mengajar mata kuliah Komunikasi Antar Pribadi, Psikologi Pendidikan dan Manajemen Kelas di Universitas Negeri Medan, dengan menerapkan kurikulum berbasis KKNI. Diharapkan dengan kurikulum ini membentuk karakter mahasiswa yang siap menghadapi tantangan di era revolusi Industri 4.0.