Universitas Negeri Medan jalin kerjasama dengan Dinas Kesehatan Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara, yang ditandai dengan penandatanganan MoU antara Rektor Universitas Negeri Medan Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes. dengan Kadis Dinkes Pemprovsu drg. Ismail Lubis, MM. yang ditandatangani secara terpisah dan juga MoA antara Dekan FMIPA dan FT dengan Dinkes Pemprovsu pada Selasa (20/4).

Penyerahan dokumen tersebut disampaikan oleh Dr.phil Suci Pujiastuti, M.A., Said Iskandar Al Idrus, S.Si., M.Si., Yulita Molliq Rangkuti, MSc, Ph.D., Dr. Esi Emilia, M.Si., Dr. Eng. Jubaidah, M.Si., dan Nila Reswari Haryana, S.Gz., M.Si. Sedangkan dari Dinkes Pemprovsu hadir juga Teguh Supriyadi, SKM, MPH (Sekretaris Dinkes Pemprovsu), dr. Nelly Fitriani, M.Kes (Kepala Bidang Pelayanan Masyarakat), dr. Syarifah Zakia, M.Kes. (Kepala Bidang Pelayanan Masyarakat) dan Hery Valona B Ambarita, S. Kp, M. Kes,. M. Pd. (Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat).

Adapun kerjasama yang dibangun meliputi Tridharma Perguruan Tinggi di bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Diantaranya penelitian dalam pengembangan dan pembangunan sistem informasi geografi untuk memonitoring penyebaran penyakit Covid-19, Program magang mahasiswa untuk mahasiswa prodi Gizi dalam rangka percepatan penanganan Stunting.

Kepala Dinas Kesehatan Pemprovsu drg. Ismail Lubis, MM mengapresiasi kerjasama dengan Unimed. Pengembangan sistem informasi bidang kesehatan yang dikembangkan Unimed merupakan inovasi dan sangat bermanfaat bagi kami dinas kesehatan. Hasil-hasil penelitian ini nantinya dapat dirasakan oleh masyarakat secara langsung. Kami juga membuka diri untuk mahasiswa magang, akan membantu dalam sosialisasi dan percepatan penanganan stunting di Sumatera Utara, seperti Mandailing Natal, Pakpak Bharat, Nias Selatan, Nias Utara, Dairi, Padang Lawas Utara, Nias, Kota Padangsidempuan, Langkat, Batubara, Labuan Batu Utara, serta Tapanuli Selatan. Program penelitian dan kerjasama ini nantinya juga bisa dikembangkan untuk pengolahan data stunting di Sumatera Utara. Kami berharap agar kerjasama ini menjadi lebih luas lingkupnya dan terus terjalin dengan baik, serta menganjurkan diadakannya kerjasama Unimed dengan Gubernur Sumatera utara

Ditempat berbeda, Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes. mengatakan Kerjasama ini momentum yang baik bagi kedua institusi untuk menjalin kerjasama yang bisa saling menguntungkan dalam pengembangan pendidikan, penelitian dan pengabdian. Kita memiliki program studi Gizi di Unimed dan juga Ilmu Komputer yang dapat berkolaborasi dengan Dinkes Pemprovsu. Semoga kerjasama ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Sumatera Utara. (Humas Unimed/eo)