Skip links

Prof. Dr. Herbert Sipahutar, M.S., M.Sc.

Profesor di bidang Bidang Biologi Sel dari Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Unimed lahir di Taput, 26 Juni 1961. Prof. Dr. Herbert Sipahutar, M.S., M.Sc. menempuh pendidikan S1 Jurusan Pendidikan Biologi IKIP Medan (1985). Ia melanjutkan pendidikan S2 di jurusan Biologi di ITB Bandung (1991) dan mengambil kembali Pendidikan S2 di Jurusan Zoologi di University of Tasmania, Australia (1998). Dan  menyelesaikan Pendidikan S3 jurusan Biologi Sel dan Molekuler di Université de Caen, France (2001).

Pengalaman beliau dalam  Peneletian Pendidikan dan Bahasa antara lain dengan judul Estrogen Lingkungan (Xenoestrogen) dan Fungsi Reproduksi: Studi eksperimental tentang dampak kehadiran bisphenol A terhadap fungsi reproduksi dan perkembangan mencit (2008). Pengembangan Modul dan Penggunaan Simulasi Komputer untuk Mengoreksi Miskonsepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FMIPA Unimed terhadap Materi Biologi Sel (2018). Analisis Fungsi Reproduksi dan Perkembangan Ikan Kepala Timah (Aplocheilus panchax) setelah Pendedahan terhadap Xenoestrogen Bisphenol A (BPA) 2009. Improving students’ achievement in genetics by implementation of Modul-Based Learning (2010). The Development of Modul for Senior High School Student of RSBI (2011). Pengaruh Pemberian Monosodium Glutamat (MSG) Multigenerasi terhadap Struktur Histologi Dan Fungsi Organ Reproduksi Mencit Jantan (2013). Dan Pengembangan Buku Teks Biologi SMA Berbasis Komponen Lingkungan Sumatera Utara dalam Upaya Mengatasi Hambatan Konseptual dalam Pembelajaran (2015).

Beliau juga aktif  dalam penulisan Karya Tulis Ilmiah diantaranya jurnal Differential effects of glyphosate and Roundup on human placental cells and aromatase pada Environmental Health Perspective (2005). Faktor umur dan pengalaman kopulasi mempengaruhi kualitas semen yang diproduksi oleh ayam White Leghorn pada Jurnal Sains Indonesia (2006). Teknik isolasi aromatase dari jaringan testis kuda dan plasenta manusia pada Jurnal Penelitian Saintika (2006). Xenobiotics in combination can be better toxicants and aromatase disruptors pada Toxicology and Applied Pharmacology (2007). Time and dose-dependent effects of roundup on human embryonic and placental cells pada Archives of Environmental Contamination and Toxicology (2007). Fungsi Reproduksi Ikan Kepala Timah (Aplocheilus panchax) Setelah Didedahkan terhadap Bisphenol A (BPA) pada Jurnal Sains Indonesia (2009). Sitotoksisitas Xenoestrogen Endosulfan dan Octylphenol terhadap Sel E293 In Vitro. Pada Jurnal Sains Indonesia (2010). Pendedahan Kronis terhadap Bisphenol A (BPA) Berpotensi Menurunkan Kemampuan Berkopulasi pada Mencit Jantan pada Jurnal Sains Indonesia (2014). Study of the extract activities of Buas buas leaves (Premna pubescens) as immunostimulant on rats (Rattus novegicus) pada American Journal of BioScience (2014) dan Levels of Apigenin and Immunostimulatory Activity of Leaf Extracts of Bangunbangun (Plectranthus Amboinicus Lour) pada International Journal of Biology (2015).

Selain menulis karya Ilmiah, beliau juga aktif sebagai pemakalah di dalam seminar antara lain dengan judul Artikel In vitro study on the effects of xenobiotics on human and equine estrogen biosynthesis pada The Fifth Regional IMT-GT Uninet Conference and International Seminar (2016). Miskonsepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FMIPA Unimed pada Matakuliah Biologi Sel pada Seminar dan Rapat Tahunan BKS PTN B Tahun 2012 Bidang Ilmu MIPA (2012). Pengembangan Instrumen Asesmen pada Pembelajaran MIPA di FMIPA pada Technical Assistance, Bali (2012). Pengaruh Imunomodulator Ekstrak Etanol Daun Bangunbangun (Plectranthus amboinicus Lour) Terhadap Profil Hematologi, Ratio Dan Histologi Limpa Tikus Putih pada Seminar dan Rapat Tahunan BKS PTN B Tahun 2014 Bidang Ilmu MIPA, Bogor (2014). Efektivitas Ekstrak Etanol Daun Buas-Buas (Premna pubescens Blume) Terhadap Limfosit Pada Tikus Putih (Rattus novergicus L.) pada Seminar dan Rapat Tahunan BKS PTN B Tahun 2014 Bidang Ilmu MIPA, Bogor (2014). Creative Research in High School pada Seminar Sains untuk Guru dan Siswa SMA se Kawasan Tapanuli, Toba Samosir (2014). Mating Behavior of Male Mice After MSG Administration During Intra Uterine to Mature Periods of Life dan Misconception on Biology Materials Among Senior High School Students and Teachers in North Sumatra pada First Annual International Seminar on Trends in Science and Science Education, Medan (2014). Koreksi Miskonsepsi Mahasiswa terhadap Materi Biologi Sel dengan Media Pembelajaran Berbasis Video pada Seminar dan Rapat Tahunan BKS PTN B Tahun 2015 Bidang Ilmu MIPA, Pal

angkaraya (2015) dan The Impact of Self Efficacy on Students’ Learning Autonomy dan Sources of Misconceptions of Senior High School Grade Xi Science Students about Respiration and Excretion pada International Conference on Mathematics, Natural Sciences and Education, Manado (2015).