Skip links

Tingkatkan Mutu Pembelajaran PPG, Unimed Desain Pembelajaran PBL/PjBL Dengan Integrasi Karakter

Universitas Negeri Medan (Unimed) menggelar kegiatan Pengembangan Desain Pembelajaran Model Problem-Based Learning (PBL) dan Project-Based Learning (PjBL) dengan Mengintegrasikan Karakter pada Pembelajaran Pendidikan Profesi Guru (PPG) Bagi Calon Guru di Unimed Tahun 2025. Di Karibia Hotel Medan. Kamis, (04/09).

Acara ini dibuka oleh Rektor Unimed dan dihadiri oleh Ketua Senat Unimed, Jajaran Wakil Rektor Unimed, Penjaminan Mutu, Kepala Biro, Koordinar PPG, Sekretaris PPG Unimed, Devisi Akademik, Humas, PPK, Bagian Keuangam, Admin IT, Dosen dan Seluruh Ketua Prodi dilingkungan Unimed.

Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber yakni Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd (Ketua Senat Unimed) sebagai Narasumber Pemantik dan Prof. Dr. Raden Roro Nanik Setowati, M.Si (Guru Besar Universitas Negeri Surabaya) sebagai Narasumber utama. Kedua narasumber memaparkan tentang pentingnya mengintegrasikan karakter dalam pembelajaran PBL/PjBL. Kedua narasumber akan membahas tentang bagaimana model pembelajaran ini dapat membantu calon guru dalam mengembangkan kemampuan problem-solving, berpikir kritis, dan kerja sama tim, serta menanamkan nilai-nilai karakter yang positif.

Kegiatan pengembangan desain pembelajaran model PBL /PjBL dengan mengintegrasikan karakter pada pembelajaran PPG bagi calon guru merupakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan produktivitas Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru bagi Calon Guru dalam pengembangan desain pembelajaran model PBL/PjBL dengan mengintegrasikan karakter dalam pembelajaran. Kegiatan ini penting dilakukan untuk mendukung peran guru dalam membentuk karakter siswa yang tidak hanya menjadi pribadi unggul secara akademis namun memiliki nilai moral yang baik melalui desain pembelajaran PBL/PJBL yang diintegrasikan, serta untuk menjawab tantangan dunia pendidikan dimasa depan.

Rektor Unimed Prof. Dr. Ir. Baharuddin, S.T., M.Pd dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada peserta dan panitia atas penyelenggaraan kegiatan Pengembangan Desain Pembelajaran Model PBL/PjBL Dengan Mengintegrasikan Karakter Pada Pembelajaran PPG Bagi Calon Guru di Universitas Negeri Medan Tahun 2025.

Beliau menyampaikan beberapa pengalaman pada kunjungan negara yang baru-baru ini dilaksanakan yaitu tentang pembelajaran model PBL/PjBL. Ia mengatakan “berdasarkan pengalaman yang telah kami lakukan bahwa beberapa universitas di Amerika, Jerman dan Malaysia aktif melakukan pembelajaran dengan Model Problem Based Learning/Project Based Learning. Model pembelajaran ini sangat dibutuhkan untuk menjawab tantangan di Abad 21 melalui cara pandang yang kritis, kolaboratif, dan pemecahan masalah melalui proyek dan peka terhadap berbagai isu yang perlu ditanggapi secara serius. Oleh karena itu, kami membutuhkan peran kedua narasumber untuk dapat berbagi pengalaman dan wawasan tentang desain pembelajaran model PBL/Pjbl dengan mengintegrasikan karakter didalamnya”.

Lanjut Rektor, Kegiatan hari ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dosen dalam merancang serta mengimplementasikan model PBL/Pjbl dengan mengintegrasikan karakter pada Pembelajaran Pendidikan Profesi Guru. Meningkatnya kemampuan dosen tentu mendukung proses pembelajaran guna menghasilkan mahasiswa yang aktif dalam pembelajaran,
berpikir kritis, kreatif dan mampu memecahkan masalah. Mahasiswa tidak hanya mampu berpikir secara ilmiah namun memilki perilaku yang terpuji dengan menjunjung tinggi nilai-nilai moral dan etika. Diharapkan kegiatan hari ini dapat berjalan dengan baik dan lancar serta seluruh peserta kegiatan pengembangan mampu memperkuat pemahaman dan keterampilan mahasiswa dalam pengembangan desain pembelajaran model PBL/PjBL dengan mengintegrasikan karakter pada pembelajaran.

Dalam paparannya Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. selaku Narasumber Pemantik menjelaskan tentang Desain dan Implementasi Project-Based Learning untuk Menguatkan Karakter Mahasiswa PPG. “Menagapa “harus” PBL/PjBL? untuk mengaktifkan peran siswa, mengembangkan pemahaman mendalam, dan membangun keterampilan abad ke-21 seperti berpikir kritis, pemecahan masalah, dan kolaborasi yang relevan dengan dunia nyata.

Prof. Syawal menerangkan untuk menguatkan karakter mahasiswa PPG Unimed perlu dilakukan pendekatan pendidikan karakter seperti, menetapkan karakter yang akan diperkuat, susun panduan untuk dosen dan mahasiswa, integrasikan karakter pada setiap aktifitas belajar lalu melakukan evaluasi, monev dan perbaikan. Integrasi karakter ini kita implementasikan kedalam 6 tugas meliputi Tugas Rutin, Critical Book Report (CBR), Critical Journal Report (CJR), Rekayasa Ide, Mini Riset dan Project.

Prof. Dr. Raden Roro Nanik Setyowati, M.Si selaku Narasumber Utama memaparkan tentang Optimalisasi Karakter Mahasiswa PPG Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek, Strategi dan Teknik Fasilitasi Dosen yang meliputi PPG, Karakter, dan Urgensi PjBL, Landasan Konseptual, Jenis PjBL, Langkah-langkah operasional Project Based Learning, Karakter sebagai Perfomative Competence, Profil Karakter Mahasiswa PPG, Strategi Fasilitasi Dosen Dalam PjBL dan Prinsip Desain PjBL untuk Penguatan Karakter. Serta memaparkan Indikator Keberhasilan Program PjBL di PPG yang dinilai dari Hasil Mahasiswa, Kualitas Proses, Pengaruh ke Sekolah Mitra dan Keberlanjutan.(Humas Unimed/js)