Dosen PGSD UNIMED Gelar Pengabdian Masyarakat: Penyusunan Modul Ajar Digital untuk Tingkatkan Literasi dan Karakter Siswa Berkebutuhan Khusus
Medan, 26 Juni 2025 – Tim Pengabdian dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan (UNIMED) melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema “Penyusunan Modul Ajar Berbasis Digital sebagai Upaya Meningkatkan Literasi dan Karakter Siswa Berkebutuhan Khusus di SLB Taman Pendidikan Islam Medan Amplas.”
Kegiatan ini merupakan bentuk kontribusi nyata UNIMED dalam mendukung pendidikan inklusif yang adaptif terhadap perkembangan teknologi dan kebutuhan peserta didik berkebutuhan khusus. Bertempat di aula SLB Taman Pendidikan Islam, kegiatan ini diikuti oleh para guru serta pihak sekolah yang menyambut antusias kedatangan tim pengabdian.
Tim pelaksana kegiatan PKM ini diketuai oleh Laurensia Perangin-angin, S.Pd., M.Pd., dengan anggota tim yang terdiri dari Dr. Irsan, M.Si., M.Pd., Dr. Nurmayani, M.Ag., Dr. Halimatussakdiah, S.Pd., M.Hum., serta mahasiswa PGSD FIP UNIMED yaitu Salwa N M Harahap, Yusron Abda’u Ansya, dan Mai Saroh Nasution. Dalam sambutannya, Laurensia Perangin-angin menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pendampingan kepada guru SLB dalam menyusun modul ajar digital yang relevan dan adaptif terhadap kebutuhan peserta didik berkebutuhan khusus.
Selain itu, mahasiswa PGSD FIP UNIMED juga turut berkontribusi dalam pemaparan materi. Yusron Abda’u Ansya menjelaskan langkah-langkah praktis dalam menyusun modul digital menggunakan aplikasi Canva, serta mendesain tampilan yang ramah bagi siswa SLB. Sedangkan dihari berikutnya, Selasa 01 Juli 2025 dilanjutkan oleh Salwa N M Harahap menyampaikan contoh modul tematik yang mengintegrasikan literasi, serta penguatan karakter, dengan pendekatan yang sederhana dan mudah diakses oleh guru.
Kegiatan ini dirancang secara partisipatif dan praktikal, agar para guru dapat langsung mempraktikkan penyusunan modul ajar digital sesuai dengan konteks dan karakteristik peserta didik masing-masing. Kepala SLB Taman Pendidikan Islam Medan Amplas memberikan apresiasi atas dukungan dari UNIMED yang telah memberikan solusi konkret dalam pengembangan pembelajaran di sekolah mereka. Ia berharap kerja sama ini dapat terus berlanjut dan ditingkatkan di masa yang akan datang.
Seluruh peserta menunjukkan antusiasme tinggi selama kegiatan berlangsung dan menyampaikan bahwa materi pelatihan sangat bermanfaat dalam mendukung pelaksanaan pembelajaran yang lebih adaptif, kreatif, dan bermakna bagi siswa berkebutuhan khusus.
Tim PKM PGSD FIP UNIMED juga menyampaikan terima kasih kepada Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNIMED atas dukungan dan fasilitas yang diberikan, sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan memberikan dampak positif bagi sekolah sasaran. Melalui kegiatan ini, diharapkan literasi dan karakter peserta didik berkebutuhan khusus dapat ditingkatkan secara optimal, serta mendorong lahirnya inovasi pendidikan inklusif berbasis teknologi di Sumatera Utara.(Humas Unimed)