Close

" The Character Building University "

UPT Pusat Bahasa

Sejarah Singkat

Sejak berdirinya Institut Keguruan Ilmu Pendidikan (IKIP) Medan, UPT-Bahasa IKIP Medan telah dikelola oleh beberapa anggota pengajar yang ada di jajaran Fakultas Pengajaran Bahasa dan Sastra IKIP Medan, pada  tahun 1988 UPT-Bahasa diketuai oleh Prof. Mangasa Silitonga dan Prof. Dr. Tina Mariany A, M.A sebagai sekretaris. Unsur pimpinan berganti pada tahun 1997 yang dipimpin oleh Prof. Drs. Djonggi Manaor Aruan. Kemudian pada tahun 2009, beralih kepada Prof. Dr. Busmin Gurning, M.Pd dan selanjutnya pimpinan diserahkan kepada Dra. Sri Juriaty Ownie, M.A pada tahun 2012. Awalnya UPT-Bahasa berada di Gedung Fakultas Bahasa dan Seni namun, pada Oktober 2015 kegiatan administrasi pindah ke Gedung Perpustakaan Lama Lantai 3. Lalu pada tahun 2016 pimpinan UPT-Bahasa UNIMED diserah terimakan dari Dra. Sri Juriaty Ownie, M.A kepada Dr. Isli Iriani Indiah Pane, M.Hum hingga sekarang.

Profil UPT Pusat Bahasa

Pusat Bahasa Universitas Negeri Medan merupakan wadah bagi seluruh civitas akademika Universitas Negeri Medan dan masyarakat luas dalam pelayanan bidang kebahasaan. Meningkatnya kebutuhan akan SDM yang terampil berbahasa, khususnya bahasa asing, menjadikan Pusat Bahasa Unimed memiliki posisi yang sangat penting dan strategis. Terlebih lagi, Universitas Negeri Medan memiliki beberapa program studi bahasa asing seperti bahasa Inggris, Prancis, dan Jerman dengan tingkat preferensi dan daya saing yang cukup tinggi. Dengan modal ini, Pusat Bahasa Unimed dapat menjadi sentra pelayanan untuk pengajaran maupun pengujian keterampilan berbahasa. 

UPT-Bahasa mempunyai tugas memberikan layanan kebahasaan bagi seluruh civitas akademika Universitas Negeri Medan dan masyarakat luas secara nasional dan internasional. Untuk menyelenggarakan tugas tersebut, Pusat Bahasa Mempunyai fungsi :

  1. Pemberian layanan uji bahasa
  2. Pemberian layanan pelatihan bahasa
  3. Pemberian layanan penerjemahan
Visi

UPT-Bahasa Universitas Negeri Medan merupakan Pusat Pelayanan Bidang Kebahasaan yang dikelola dengan semangat kewira-usahaan secara profesional untuk melayani kebutuhan civitas akademika Universitas Negeri Medan maupun masyarakat umum secara nasional dan internasional dalam rangka mendukung program kerja Universitas Negeri Medan sebagai salah satu universitas kelas dunia pada tahun 2025.

Misi
  1. Menyediakan layanan kebahasaan yang bermutu tinggi, di bidang uji kemampuan bahasa, pelatihan bahasa dan penerjemahan.
  2. Membangun jaringan kerjasama dengan institusi dalam dan luar negeri.
  3. Mengembangkan pengetahuan tentang pembelajaran dan pengajaran bahasa, melalui penelitian dan ilmiah.
  4. Mendukung Universitas Negeri Medan dalam hal pembelajaran dan pengajaran bahasa dalama rangka mendukung Universitas Negeri Medan menjadi universitas kelas dunia pada tahun 2025.

Tujuan UPT Bahasa

  1. Menyediakan uji kemampuan bahasa, pelatihanan bahasa dan penerjemahan bahasa yang berstandar nasional dan internasional.
  2. Membangun jaringan kerjasama yang luas dengan institusi dalam dan luar negeri yang bereputasi baik dan sangat baik.
  3. Menyediakan informasi terkini tentang perkembangan pembelajaran dan pengajaran kebahasaan, melalui berbagai kegiatan penelitian dan ilmiah yang intensif.
  4. Mendukung program kerja Universitas Negeri Medan dalam bidang pembelajaran dan pengajaran bahasa menuju universitas kelas dunia pada tahun 2025.

1. Uji Kemampuan Bahasa

  • – TOEFL ITP (Bekerjasama dengan IIEF)
  • – IELTS (Bekerjasama dengan British Council Indonesia Foundation)
  • – TOEIC (Bekerjasama dengan ITC)
  • – TEAP (Test of English for Academic Purposes), TOEFL equivalent
  • – CBT-TEAP (Computer Based Test – Test of English for Academic Purposes)
  • – TECC (Test of English for Communicative Competences), TOEIC equivalent
  • – TOEP (Test of English Proficiency) for NIDN proposer (Nomor Induk Dosen Nasional) and SERDOS (Sertifikasi Dosen)     facilitated  by IT Center Unimed (Puskom Unimed : http://ict.unimed.ac.id)
  • – TKDA (Tes Kompetensi Dasar Akademik) for NIDN proposer and SERDOS facilitated by IT Center Unimed (Puskom Unimed: http://ict.unimed.ac.id)
  • – UKBI (Bekerjasama dengan Balai Bahasa Sumatera Utara)

2. Pelatihan Bahasa, Workshop dan Seminar

  • – Kelas Persiapan TOEFL (Test of English as a Foreign Language)
  • – Kelas Persiapan IELTS (International English Language Testing System)
  • – Kelas Persiapan TOEIC (Test of English for International Communication)
  • – General English Class
  • – Conversation Class
  • – English for Specific Purposes (ESP) Class
  • – English for Academic Purposes (EAP) Class
  • – English for Young Learner (EYL) Class
  • – Kelas BIPA (Bahasa Indonesia  bagi PenuturAsing) di bawah naungan Internasional Office

3. Penerjemahan

UPT-Bahasa Universitas Negeri Medan memberikan layanan penerjemahan tulis NASKAH UMUM atau DOKUMEN dan ABSTRAK/Draft atau ARTIKEL JURNAL dari TIGA bahasa asing (Inggris, Jerman, dan Perancis) ke dalam Bahasa Indonesia atau sebaliknya kepada seluruh sivitas akademika Universitas Negeri Medan dan masyarakat umum.

  • – Dokumen ASLI dan fotokopi WAJIB diikut sertakan ketika ingin menerjemahkan dokumen pribadi (Akta Kelahiran, Ijazah, Transkrip Nilai)
  • – Khusus bagi Alumni Universitas Negeri Medan, paket terjemahan Ijazah+Transkrip Nilai akan dicetak menggunakan kertas khusus Blanko Security Universitas Negeri Medan.
  • – Hasil terjemahan dapat diambil selambat-lambatnya 7 hari kerja.

Pusat Bahasa
Unit Layanan Tes Kemampuan Bahasa Inggris, TOEFL, TOEIC dan ITP
Gedung Perpustakaan Lama Universitas Negeri Medan
Jl. Willem Iskandar Pasar V

WAKTU LAYANAN
Pelayanan dilakukan setiap saat pada jam kerja, yaitu

Senin – Kamis      : 08.00 – 16.00 WIB
Jum’at                    : 08.00 – 16.30 WIB

KONTAK
Whatsapp : 0813 6263 6057

Instagram : official.uptbahasaunimed
Fanspage : official.uptbahasaunimed
Email       : pusatbahasa@unimed.ac.id
Website   : pusatbahasa.unimed.ac.id

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW