Close

" The Character Building University "

Program Pendidikan Profesi Guru (PPG)

Program PPG di Indonesia sesuai amanah undang-undang baik UUGD maupun Undang-undang Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi menganut model konsekutif atau berlapis. Pasal 17 (1) Undang-undang Pendidikan Tinggi menyatakan bahwa pendidikan profesi merupakan Pendidikan Tinggi setelah program sarjana yang menyiapkan mahasiswa dalam pekerjaan yang memerlukan persyaratan keahlian khusus.

Program Studi PPG merupakan program pendidikan yang diselenggarakan untuk mempersiapkan lulusan S1 Kependidikan dan S1/D IV Non Kependidikan yang memiliki bakat dan minat menjadi guru agar menguasai kompetensi guru secara utuh sesuai dengan standar nasional pendidikan sehingga dapat memperoleh sertifikat pendidik profesional pada pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Program Studi PPG diharapkan dapat menjawab berbagai permasalahan pendidikan, seperti: (1) kekurangan jumlah guru(shortage) khususnya pada daerah-daerah terluar, terdepan, dan tertinggal, (2) distribusi tidak seimbang (unbalanced distribution), (3)kualifikasi di bawah standar (under qualification), (4) guru-guru yang kurang kompeten (low competence), serta (5) ketidaksesuaian antara kualifikasi pendidikan dengan bidang yang diampu (missmatched).

Program Studi PPG yang akan menghasilkan guru-guru profesional diharapkan akan menghasilkan lulusan yang unggul dan siap menghadapi tuntutan zaman. Posisi hasil belajar siswa di Indonesia saat ini belum menggembirakan. Program Studi PPG yang dirancang secara sistematis dan menerapkan prinsip mutu mulai dari seleksi, proses pembelajaran dan penilaian,hingga uji kompetensi, diharapkan akan menghasilkan guru-guru masa depan yang profesional yang dapat menghasilkan lulusan yang unggul,kompetitif, dan berkarakter, serta cinta tanah air. Terdapat dua jenis Program PPG berdasarkan kelompok sasaran yaitu:

  1. PPG Pra Jabatan adalah PPG yang diperuntukkan bagi calon guru yang telah memenuhi persyaratan kualifikasi akademik S-1/D-IV dan akan melamar menjadi guru.
  1. PPG Dalam Jabatan adalahPPG yang diperuntukkan bagi guru dalam jabatan. Guru dalam Jabatan adalah guru pegawai negeri sipil dan guru bukan pegawai negeri sipil yang sudah mengajar pada satuan pendidikan, baik yang diselenggarakan pemerintah pusat, pemerintah daerah, maupun masyarakat penyelenggara pendidikan yang sudah mempunyai perjanjian kerja atau kesepakatan kerja bersama.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 74o/Kpt /2019 Tentang Izin Pembukaan Program Studi Pendidikan Profesi Guru Program Profesi Pada Universitas Negeri Medan Di Kota Medan, Universitas Negeri Medan diberikan ijin untuk membuka Program Studi Pendidikan Profesi Guru Program Profesi dalam bidang studi:

Fakultas Ilmu Pendidikan

  1. Pendidikan Bimbingan Konseling
  2. Pendidikan Guru Anak Usia Dini
  3. Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fakultas Bahasa dan Seni

  1. Pendidikan Bahasa Indonesia
  2. Pendidikan Bahasa Inggris
  3. Pendidikan Bahasa Perancis
  4. Pendidikan Bahasa Jerman
  5. Pendidikan Seni Rupa
  6. Pendidikan Seni Musik
  7. Pendidikan Seni Tari

Fakultas Ilmu Sosial

  1. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  2. Pendidikan Sejarah
  3. Pendidikan Antropologi
  4. Pendidikan Geografi

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

  1. Pendidikan Matematika
  2. Pendidikan Fisika
  3. Pendidikan Biologi
  4. Pendidikan Kimia

Fakultas Teknik

  1. Pendidikan Teknik Bangunan
  2. Pendidikan Teknik Mesin
  3. Pendidikan Teknik Elektro
  4. Pendidikan Teknik Otomotif
  5. Pendidikan Tata Boga
  6. Pendidikan Tata Busana
  7. Pendidikan Tata Rias
  8. Pendidikan Perhotelan dan Jasa Pariwisata

Fakultas Ilmu Keolahragaan

  1. Pendidikan Jasmani, Olaharaga dan Kesehatan

Fakultas Ekonomi

  1. Pendidikan Akuntansi
  2. Pendidikan Ekonomi
  3. Pendidikan Tata Niaga
X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW