Skip links

Prof. Dr. Sahyar, M.S

Prof. Dr. SAHYAR, M.S., guru besar bidang Sains Manajemen pada Fakultas FMIPA Universitas Negeri Medan sejak tahun 2010. Beliau Lahir di Langkat pada tanggal 26 April 1960. Pendidikan beliau diawali mulai SD di Hinai, SMP di Stabat dan SMA di Tanjung Pura Kabupaten Langkat. Jenjang pendidikan S1 di IKIP Negeri Medan pada tahun 1979, dan berhasil menyelesaikan studi Sarjana Pendidikan Fisika pada tahun 1984.  Pada tahun 1988-1989 mengikuti pendidikan pra S2 di Universitas Gadjah Mada, lalu melanjutkan pendidikan magister S2 di Universitas Gadjah Mada  pada tahun 1989-1991 bidang Computational Physics. Pendidikan S3 beliau dari Universitas Padjadjaran Bandung tahun 2005-2008 bidang Ekonomi Manajemen. Sedangkan bidang kajian disertasi beliau adalah model peningkatan keunggulan bersaing dan kinerja jasa program studi Pendidikan tinggi di Indonesia. Beliau saat ini mendalami bidang Sains Manajemen, interdisiplin penerapan ilmu fisika dalam Ekonomi Manajemen (Econophysics) dan interdisiplin penerapan ilmu fisika  dalam pembentukan karakter (Sociophysics).

Sebagai dosen dan guru besar, beliau telah meluluskan mahasiswa S1 sebanyak 108 orang dan mahasiswa S2 yang berjumlah 40 orang. Matakuliah yang beliau ampu sejak memperoleh guru besar disesesuaikan dengan bidang Sains Manajemen yaitu matakuliah Kepemimpinan (S1 dan S2), Manajemen pembelajaran Sains (S1), Manajemen Laboratorium(S1), Kewirausahaan(S1), beliau juga memperkuat bidang Manajemen pada Fakultas Ekonomi dan Olahraga di lingkungan Unimed yaitu matakuliah Manajemen Sumber Daya Manusia (S2), Manajemen Strategik(S2), Matematika Ekonomi(S1,S2) dan Manajemen Operasional(S1).  Sebagai dosen disamping melaksanakan pembelajaran beliau juga melaksanakan tridarma lainnya yaitu penelitian, pengabdian masyarakat, menulis artikel ilmiah dalam jurnal ilmiah, menjadi pemakalah dalam seminar ilmiah, dan juga aktif menyusun buku pelajaran tingkat perguruan tinggi.

Beberapa penelitian yang beliau lakukan di antaranya adalah: Pemetaan Kompetensi dan Pengembangan Model Peningkatan Mutu Pendidikan  di Kabupaten Samosir dan Toba Samosir(2012), Pengembangan model pembelajaran berbasis budaya untuk meningkatkan hasil belajar dan karakter siswa, Penelitian Hibah Pasca 2016 dari RistekDikti Pembelajaran berbasis budaya. Analisis Kualitas Jasa Program Studi Pendidikan Tinggi dengan metode Servqual(service quality) dan Six Sigma, PO DIPA Prodi S2 Pascasarjana Unimed Medan Tahun 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif  Tipe TPS Untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Mahasiswa, dibiayai oleh Hibah Kompetisi  Berbasis Institusi(PHKI) Batch III Unimed Tahun 2011. The Effect of Job Satisfaction and Organizational Climate on Employee Performance in PT. Perkebunan Nusantara II Medan.  The influence of Facilities, Image, and Customer Value to the student’s  satisfaction of the Management Department, State University of Medan. “Effect Service Quality Using HEDPERF(Higher Education Performance) Instruments to the student’s loyalty of Economics.  Model meningkatkan keunggulan bersaing dan kinerja pemasaran melalui pengembangan Orientasi pasar dan Modal Intelektual Usaha Mikro, kecil dan Menengah (UKM) di Kodya Medan, hibah Penelitian Strategi Nasional.

Beliau juga aktif menulis berbagai artikel ilmiah pada jurnal nasional, jurnal nasional terakreditasi, jurnal internasional dan jurnal internasional bereputasi. Beberapa artikel ilmiah beliau diantaranya adalah :

Isolating Mechanism as a Mean to Improve Performance of SMEs, European Research Studies Journal Volume XX, Issue 3A, 2017 pp. 594-612, Jurnal Terindeks Scopus.  The Analogy of Economics Principles and Physics Theory, Vol.5, No.16, 2014 Journal of Economics and Sustainable Development www.iiste.org, ISSN 2222-1700 (Paper) ISSN 2222-2855 (Online), jurnal internasional.  Analisis Pengaruh Kompetensi dan Komitmen Dosen Terhadap Kinerja Program Studi di Pendidikan Tinggi ” hal. 138-152 (Ketua), Jurnal Sosiohumaniora” Vol.22, Nomor 2, Juli 2010, ISSN: 1411-0911, Terakreditasi  Keputusan Dirjen Dikti Depdiknas No.108/DIKTI/KEP/2007,  Penerbit: Lemlit UNPAD Bandung, jurnal nasional terakreditasi. Analisis Kualitas jasa program studi Pendidikan Tinggi dengan metode Servqual (Service Quality) dan Six Sigma, Hal:141-151. Jurnal Pendidikan Ekonomi & Bisnis (PEKBIS)  ISSN: 2085 – 5214 Vol. 4 No. 3, Nopvember 2012 (Penerbit Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas RIAU Pekan Baru), jurnal nasional.  Pengaruh Kompetensi Dosen dan Proses Pembelajaran Terhadap Keunggulan Bersaing Program Studi di Pendidikan Tinggi ” hal. 308-325 (Mandiri), “Jurnal Ekonomi  dan Keuangan” Vol.13, Nomor 3, September 2009, ISSN: 1411-0393, Terakreditasi  Keputusan Dirjen Dikti Depdiknas No.55a/DIKTI/KEP/2006,  Penerbit: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIE SIA), jurnal nasional terakreditasi.  The Effect of Scientific Inquiry Model Assisted Visual Media on Students’ Conceptual and Procedural Knowledge, American Journal of Educational Research, 2017, Vol. 5, No. 6, 623-628. Available online at http://pubs.sciepub.com/education/5/6/5 ©Science and Education Publishing DOI:10.12691/education-5-6-5, Jurnal Internasional. The Effect of Problem Based Learning (PBL) Model toward Student’s Creative Thinking and Problem Solving Ability in Senior High School, IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME) e-ISSN: 2320–7388,p-ISSN: 2320–737X Volume 7, Issue 4 Ver. I (Jul – Aug 2017), PP 11-18. www.iosrjournals.org DOI: 10.9790/7388-0704011118, jurnal internasional. The effect of Problem Based Learning Model(PBL) and Adversity Quotient(QA) on Problem Solving Ability. American Journal of Educational Research, 2017, Vol. 5, No. 2, 179-183, Available online at http://pubs.sciepub.com/education/5/2/11 ©Science and Education Publishing DOI:10.12691/education-5-2-11, jurnal internasional. The Effect of Scientific Inquiry Learning Model Based on Conceptual Change on Cognitive Competence and Science Process Skill (SPS) of Students at Senior High School. Journal of Education and Practice www.iiste.org ISSN 2222-1735 (Paper) ISSN 2222-288X (Online) Vol.8, No.5, 2017, jurnal internasional.  The Effect of Problem Based Learning (PBL) Model and Self Regulated Learning (SRL) toward Problem Solving Ability (PSA) of Students at Senior High School. American Journal of Educational Research, 2017, Vol. 5, No. 3, 279-283 Available online at http://pubs.sciepub.com/education/5/3/8 ©Science and Education Publishing DOI:10.12691/education-5-3-8, jurnal internasional.

Selain menulis artikel beliau juga aktif sebagai pemakalah pada berbagai seminar nasional dan internasional. Beberapa keterlibatan beliau pada seminar nasional dan internasional adalah: Pemakalah pada kegiatan Forum Pimpinan Pascasarjana (FORPIMPAS), Unsyiah BKS PTN Barat.  Pemakalah Desain Manajemen Pendidikan Indonesia Menghadapi MEA, Pascasarjana Unimed dan Universitas Tanjung Pura.  Pemakalah pada kegiatan Mewujudkan Sinergitas LPTK dalam Meningkatkan Kemitraan SDM Pascasarjana LPTK, Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo. Pemakalah pada kegiatan orasi ilmiah dengan judul Penerapan Strategi Samudra Biru Pada pendidikan Tinggi yudisium Pasca Unimed. Pemakalah pada seminar Nasional di UNP Padang dengan judul “ Aplikasi Ilmu fisika dalam pembentukan Karakter”. Pemakalah pada seminar Internasional AISTEEL. Pemakalah pada kegiatan Membangun negeri dalam bingkai Kearifan Pendidikan Menuju Generasi 2045, Undiksha, LPTKN se Indonesia.

Sedangkan bidang pengabdian masyarakat yang beliau lakukan diantranya adalah sebagai berikut:  Tutor PLPG Unimed dari tahun 2008 sampai tahun 2018. Tutor PPG Unimed dari tahun 2015 sampai tahun 2018. Koordinator SMPTN Unimed dari tahun 2012 sampai tahun 2018. Koordinator UN Kabupaten Langkat dari tahun 2010 sampai tahun 2014. Menulis buku ajar perguruan tinggi: Algoritma Dan Pemrograman menggunakan Matlab. ISBN: 978-602-7938-14-4, Kencana. Prenada Media Group. Komputasi Sains, Unimed Press. Kewirausahaan, Unimed Press.

Beberapa penghargaan yang beliau peroleh selama menjadi dosen diantaranya adalah: Penghargaan Dosen Teladan Tingkat Unimed dari Rektor Unimed, Penghargaan Dosen Teladan Tingkat Nasional dari Mendikbud, Memperoleh penghargaan guru besar bidang Sains Manajemen dari Mendikbud,  Satya Lencana Pengabdian 20 tahun dan 30 tahun dari Presiden RI