Skip links

Tim PKM-PI Unimed Berikan Sosialisasi Pemanfaatan Etnomatematika pada Motif Ulos Berbasis Website

Tim Program Kreativitas Mahasiswa Penerapan Iptek (PKM-PI) telah melaksanakan sosialisasi mengenai program yang bekerjasama dengan mitra Koperasi Argado Bona Ni Pinasa.

Tim PKM-PI yang dibimbing oleh Sudianto Manullang S.Si., M.Sc dan diketuai oleh Delfi Anggriana Br Ginting, dengan anggota Jeremia Manurung, Nita Ernita Simatupang, dan Rifka Annaria Sibuea mengangkat tema “Kreasi Teselasi Pemanfaatan Etnomatematika Pada Motif Ulos Berbasis Website”

Melihat dari kebutuhan mitra akan digitalisasi pemotifan ulos maka pelaksanaan Program Kreativitas Mahasiswa ini bertujuan untuk membuat desain website yang dapat dioperasikan oleh mitra guna mendesain kain Ulos.

Kegiatan ini dihadiri oleh anggota koperasi, dan Pengurus koperasi. Pada kegiatan ini dipaparkan mengenai timeline kegiatan dan penjelasan singkat mengenai website yang akan disimulasikan pada Koperasi dimulai dari pemaparan dari tools pada website, perancangan motif, hingga pengaplikasian motif pada kain. Acara ini dibawakan oleh anggota Tim PKM-PI sendiri yaitu saudari Nita Ernita Simatupang dan diawali dengan sambutan dari ketua Tim PKM-PI, Saudari Delfi Anggriana Br Ginting kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari perwakilan pengurus koperasi, Ibu Tarida Tobing serta pemaparan program oleh saudara Jeremia Manurung.


Kegiatan sosialisasi ini diakhiri dengan tanya jawab dan diskusi ringan mengenai website yang akan disimulasikan maupun waktu pelaksanaan program. Pelaksanaan kegiatan berjalan dengan baik dan peserta tampak sangat antusias saat kegiatan berlangsung.

Lebih lanjut, dalam wawancara singkat ,Ketua Umum Koperasi Argado Bona Nipinasa,Dr.(Chand).Erika Rosdiana Panjaitan, M.Si. merespon baik atas kerjasama dan kehadiran adik adik Mahasiswa Unimed yang menggelar kegiatan Sosialisasi dan Pendampingan.

Pertemuan ini tentunya menjadi langkah awal dari rangkaian kegiatan PKM-PI yang akan dilaksanakan dari bulan Juli hingga November. Kegiatan sosialisasi ini ditutup dengan foto bersama dan mengucapkan selamat Hari Ulos jatuh pada tanggal 17 Oktober setiap tahun diperingati berbagai kelompok dan kalangan pencinta serta pemerhati ulos. Melalui acara ini, diharapkan program dapat meningkatkan kreativitas anggota koperasi sehingga mampu mensimulasikan motif yang beragam serta dapat meningkatkan kesejahteraan koperasi khususnya di bidang perekonomian.(Humas Unimed)

Leave a comment