Skip links

UNIMED Berikan Pelatihan untuk Tingkatkan Kompetensi Guru dalam Melakukan Penelitian Tindakan Kelas

Universitas Negeri Medan sebagai universitas yang mencetak ribuan guru terus memberikan upaya-upaya dalam menghasilkan lulusan yang dapat menjadi guru profesional dalam meningkatkan pendidikan di Indonesia. upaya yang dilakukan UNIMED salah satunya adalah bagaimana agar guru dapat menulis Penilitian Tindakan Kelas (PTK) dimana PTK merupakan suatu kegiatan yang sangat penting bagi guru untuk memperbaiki dan atau meningkatkan mutu pembelajaran di kelas. Demi membantu para guru menulis PTK, UNIMED sebagai universitas yang dikenal juga dengan slogannya “Membangun Negeri dari Sekolah” menggelar kegiatan Workshop Penelitian Tindakan Kelas.

Workshop yang dilaksanakan secara daring tersebut pada Selasa, 06 Juni 2023 diikuti oleh ratusan guru dari sekolah-sekolah di Sumatera Utara bahkan dari luar sumatera utara serta mahasiswa S2 dan S1 UNIMED. Workshop ini menghadirkan narasumber Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd Ketua Senat Unimed yang juga selaku Tokoh Pendidikan di Sumut, Prof. Manihar Situmorang, M.Sc., Ph.D (Wakil Rektor IV UNIMED), Prof. Dr. Baharuddin, M.Pd (Ketua LPPM), Dr. Hesti Febriasari, S.Pd., M.Hum (Sekretaris LPPM), Freddy Tua Musa Panggabean, S.Pd., M.Pd (Dosen FMIPA), Maya Oktora, S.Pd., M.Hum (Kepala KUI Unimed),  dan        Eko Prasetya, S.Pd., M.Sc. (Pengelola SIPDA Unimed).

Dalam sambutannya Rektor Unimed Prof. Dr. Syamsul Gultom mengatakan Kegiatan ini hadir untuk menjawab dan membantu masyarakat, terutama Bpk/Ibu guru di Sumatera Utara yang masih memiliki kendala dan permasalahan menulis Penelitian Tindakan Kelas. “Satu masalah ketidak tercapaian tujuan pembelajaran dalam satu kegiatan PBM yang Bpk/Ibu, itu bisa dilakukan penelitian dengan menguji coba sebuah model, metode, teknik pembelajaran, dan uji coba lainnya dalam menjawab dan menyelesaikan permasalahan pembelajaran yang Bpk/Ibu hadapi di kelas. Kemudian data penelitiannya diolah dan disusun menjadi Penelitian Tindakan Kelas,” ujar Rektor.

“setelah kegiatan kita ini, para peserta guru-guru ini dapat diberikan pelatihan lanjutan dan pendampingan sampai mereka bisa berhasil menulis Penelitian Tindakan Kelas, Inilah wujud kepedulian dan kebermanfaatan kita Unimed bagi masyarakat, terutama Bpk/Ibu guru di SUMUT yang masih memiliki kendala dalam menulis PTK. Dengan workshop ini diharap juga dapat menambah semangat bapak/ibu guru agar dapat meningkatan kompetensi dalam menulis usulan penelitian dan melakukan penelitian tindakan kelas,” tutup Prof. Syamsul.

Prof. Syawal Gultom dalam paprannya mengatakan “Guru profesional adalah guru yang dapat melakukan refleksi terhadap dirinya sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran tingkat tinggi di kelas dan memberikan pendidikan karakter yang kuat terhadap siswanya dengan begitu para siswa yang dihasilkan menjadi pembelajar yang sukses, Individu yang percaya diri, bertanggung jawab dan dapat menjadi kontributor peradaban yang efektif. kompetensi yang harus dimiliki seorang guru agar dapat menjadi guru profesional adalah mampu mengembangkan dirinya salah satunya dengan melakukan penelitian yang dituangkan pada PTK, dengan seorang guru melakukan PTK maka dia dapat mengembengkan pembelajaran di kelas, menemukan metode-metode pembalajaran yang baru dan sesuai dengan jamannya,”.

Dalam paparannya mengenai “Strategi Menyusun Proposal Penelitian Tindakan Kelas Berorientasi Produk” Prof. Manihar Situmorang menyampaikan “strategi yang harus disiapkan dalam mengusul PTK yang pertama dan paling utama adalah adanya motivasi dari guru tersebut untuk melakukan penelitian dengan tekad untuk memperbaiki pembelajaran di kelas, jika tidak memiliki motivasi tersebut bagaimana mungkin seorang guru dapat menghasilkan PTK yang baik. Kedua proposal yang dibuat haruslah bermutu yang berbasis produk dengan kriteria dimana PTK tersebut harus dibuat secara rasional, baik unggul dan original sehingga dapat menyelesaikan permasalahan pendidikan di sekolah tersebut, kemudian proposal yang dibuat harus dapat menghasilkan produk yang bermanfaat untuk dipergunakan oleh guru di sekolah tersebut atau guru di sekolah yang lain,”.

Workshop Penilitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan oleh Kantor Wakil Rektor IV merupakan bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat yang diberikan kepada guru-guru sekolah sumut yang telah bermitra dengan UNIMED dalam rangka Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menulis Usulan Penelitian dan Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. PKM ini langsung diketuai oleh Wakil Rektor IV Prof. Drs. Manihar Situmorang, M.Sc., Ph.D dengan anggota Dr. Abil Mansyur Panjaitan, M.Si., Winsyahputra Ritonga, S.Pd, M.Si. dan Dr. Suci Pujiastuti, S.Pd., M.A. (Humas Unimed/zr)