Skip links

Prodi PGSD FIP Unimed Gelar Webinar Nasional

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Medan melaksanakan Webinar Nasional dengan mengusung tema “Peran Profesi Keguruan dalam Kebangkitan Nasional Melalui Supervisi Pendidikan Menuju Indonesia Emas 2045”. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 20 Mei 2023 dan berketepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional. Kegiatan ini dimotori oleh Elvi Mailani, S.Si., M.Pd selaku Ketua Jurusan PGSD dan Nurhudayah M., M.Pd selaku ketua pelaksana.

Webinar Nasional ini dibuka oleh Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan, Bapak Prof. Dr. Yusnadi, MS. Dalam sambutannya, Beliau menyatakan bahwa tema dari webinar ini sangat menarik, mengingat karena pada tahun 2045, sebesar 70% jumlah penduduk Indonesia akan berada dalam usia produktif (15-64 tahun). Generasi emas ini merupakan sumber daya utama dalam menggerakkan sistem pembangunan nasional, karenanya perlu mendapatkan perhatian secara serius dan dimaksimalkan melalui pendidikan yang berkualitas.

Hadir sebagai narasumber, ada Ira Supartiningsih, S.Pd yang menyajikan potret pendidikan dari sudut pandang praktisi dan Sri W. Tanshzil, S.Pd., M.Pd yang mewakili suara para akademisi untuk membagi wawasan seputar peran penting pendidikan dalam menjaga semangat Hari Kebangkitan Nasional.

Dalam paparannya, narasumber pertama menyampaikan bahwa peran pendidikan dalam proses Kebangkitan Nasional adalah sebagai alat untuk memperbaiki kehidupan sekarang dan mempersiapkan generasi-generasi yang akan datang. Beliau juga menyampaikan pentingnya supervisi pendidikan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, membentuk karakter siswa sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan mencapai tujuan Pendidikan Nasional. Sejalan dengan itu, narasumber kedua menyampaikan bahwa Kebangkitan Nasional merupakan buah dari proses pendidikan. Pendidikan melahirkan semangat untuk merdeka, sekaligus membuka pikiran rakyat Indonesia akan kondisi dan potensi sebagai suatu bangsa. Tak lupa Beliau memberikan motivasi bagi mahasiswa calon pendidik agar senantiasa berperan aktif dalam membangun pribadi secara holistik untuk menyongsong generasi emas 2045.