Skip links

Tingkatkan Layanan Akademik, UNIMED Sosialisasikan Aplikasi SITAMA

Universitas Negeri Medan menggelar sosialisasi aplikasi SITAMA (Sistem Informasi Tugas Akhir Mahasiswa) yang disampaikan oleh Tim IT Unimed Dr. Hermawan Syahputra, S.Si, M.Si. dan Mohamad Ihwani, S.Si., M.Kom. beserta tim, di Ruang Sidang A Gedung Pusat Administrasi Unimed pada Selasa, (16/05).

Sosialisasi aplikasi yang paperless SITAMA ini, turut dihadiri oleh Wakil Dekan I dan II selingkungan Unimed, Kepala Biro, admin/operator akademik masing-masing fakultas, serta tendik Unimed.

Dalam paparannya, Dr. Hermawan Syahputra, S.Si, M.Si. mengatakan proses bisnis akademik mahasiswa pada saat pengusulan tugas akhir bagi mahasiswa akan lebih baik, dimana semua prosedur pengusulan tersebut dilakukan secara online. Mahasiswa tingkat akhir dapat mengajukan permohonan dosen pembimbing hingga pengajuan wisuda. Seluruh berkas dokumen prasyarat untuk pengajuan tugas akhir dan wisuda semuanya diupload ke dalam system tersebut. SITAMA ini merupakan bagian dari system informasi akademik terintegrasi yang menjadi unggulan kegiatan pengembangan system informasi di unimed.

Selanjutnya, Mohamad Ihwani, S.Si., M.Kom. menambahkan “Tahapan dalam pembuatan tugas akhir yang dilakukan oleh mahasiswa menjadi lebih mudah dan cepat karena dilakukan secara online dan terintegrasi dengan system yang sudah establish saat ini. SITAMA ini sangat bermanfaat untuk proses efisiensi karena prinsip dasarnya adalah paperless. Dengan mengembangkan pembuatan sistem informasi tugas akhir mahasiswa ini secara keseluruhan akan menggantikan proses bisnis lama yang masih dilakukan secara manual, dimana dalam proses persetujuan maupun pemberkasan dokumen untuk pengajuan tugas akhir mahasiswa masih banyak menggunakan dokumen hardcopy. System ini diharapkan mampu memberikan kemudahan kepada seluruh bagian yang terlibat mulai dari mahasiswa, ketua program studi, dosen pembimbing, operator aplikasi, ketua jurusan, wakil dekan dan dekan dalam proses pengajuan, persetujuan dan pengelolaan data tugas akhir mahasiswa di masing-masing fakultas di lingkungan kampus unimed”. (Humas Unimed/eo)