Skip links

Mahasiswa FT Unimed Raih Prestasi LKTIN 2023 di UNS

Tim mahasiswa Program Studi S1 Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan terdiri dari Zahra Putriana Susastio, Joenaldo Elmana Tarigan dan Bintang Herlambang berhasil meraih juara kelima dalam ajang Sebelas Maret Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (SEMAR LKTIN) Mahasiswa Tingkat Nasional pada acara Festival Ilmiah Mahasiswa (FILM) 2023 yang diselenggarakan di Universitas Sebelas Maret Surakarta, 18 Maret 2023.

Nahesson Panjaitan selaku pembimbing mengutarakan kebanggaannya kepada hasil yang dicapai oleh mahasiswa prodi S1 Teknik Sipil yang mampu bersaing dengan tim mahasiswa lain se Indonesia dalam ajang tersebut.

“ Hasil yg dicapai perlu dilakukan evaluasi secara keseluruhan meliputi proses belajar mengajar dan pembiasaan karakter mahasiswa yang tangguh dan memiliki kualitas yang teruji”,  ungkap Ketua Prodi Teknik Sipil UNIMED tersebut.

Di perlombaan ini, Zahra, Joenaldo dan Bintang mengangkat karya tulis “Upaya Pencegahan Kontaminasi Air Tanah Di Perkotaan Indonesia Menggunakan Mineral Wool”.  Zahra mengatakan karya tulis tersebut bertujuan untuk mengetahui kelayakan mineral wool dalam mencegah kontaminasi air tanah dan memanfaatkan sumber daya lokal yang melimpah untuk mendukung terwujudnya SDGs 2030.

Joenaldo menambahkan bahwa ini pertama kalinya, ia mengikuti LKTNI. Menurutnya banyak ilmu yang dapat dipelajari dari LKTIN ini, terlepas menang atau kalah Karena menang atau kalah itu bukan suatu hal yang perlu dipikirkan,” ujarnya.

Selanjutnya, Bintang mengatakan penulisan karya tulis ini memakan waktu di tengah kesibukan dan kegiatan mereka di kampus. Ia mengutarakan banyak mendapat dukungan dan bantuan dari berbagai pihak, termasuk Rektorat Universitas Negeri Medan, Dekanat, dosen, hingga teman-teman mahasiswanya.

SEMAR LKTIN (Sebelas Maret Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional) merupakan ajang lomba keilmiahan yang menjadi bagian dari rangkaian acara besar Festival Ilmiah Mahasiswa (FILM) 2023. Ajang lomba ini merupakan event tahunan untuk meramaikan Dies Natalis UNS dengan memberikan nuansa ilmiah melalui kompetisi berbagai karya tulis ilmiah dengan ide yang brilian dari berbagai mahasiswa di seluruh Indonesia. Dalam kompetisi ini tim dari Universitas Negeri Medan meraih juara kelima dari 15 peserta yang menjadi finalis dari seleksi awal 338 proposal peserta yang ikut. Juara pertama berhasil diraih oleh tim mahasiswa ITB, juara kedua UGM, juara ketiga dari Poltekad Kodiklatad, juara keempat dari Universitas Hasanuddin, dan juara kelima dari Universitas Negeri Medan.(Humas Unimed/ms)