Skip links

Rektor : PLP I UNIMED Hasilkan Mahasiswa jadi Calon Guru Profesional

Universitas Negeri Medan melaksanakan Sosialisasi Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) I Mahasiswa Unimed Tahun 2023, melalui Zoom meeting pada Senin (13/3/2023). Pelaksanaan PLP I diikuti oleh Mahasiswa Unimed sebanyak 4.545 orang yang berasal dari 7 fakultas pada 34 Program studi dan 1 Program Bilingual. Dengan 230 sekolah mitra dan lembaga mitra serta 570 dosen pembimbing lapangan.

Acara tersebut dibuka oleh Rektor Unimed Prof. Dr. Syamsul Gultom, SKM. M.Kes. dengan menghadirkan Narasumber Ketua Senat Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd dan Ketua Program Pelaksanaan PLP I 2023 Prof. Dr. Restu, M.Si. dan juga turut hadir diantaranya Wakil Rektor I,II,III dan IV, Seluruh Dekan di Lingkungan Unimed, Direktur PPs, Ketua LPPM, Ketua LPPMP, Wakil Dekan, ,Sekretaris LPPM, Ketua Jurusan, Ketua Program Studi, Dosen Pembimbing Lapangan PLP I, Kepala Sekolah Mitra PLP I dan Ketua Pelaksana PLP Unimed Prof. Dr. Dina Ampera, M.Si

Rektor Unimed Prof. Dr. Syamsul Gultom, SKM. M.Kes. dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kehadiran kita semua, terutama Bapak Ibu Fungsionaris, para dosen dan Bapak Ibu Kepala Sekolah Mitra yang telah bersedia meluangkan waktu beberapa jam kedepan dalam rangka kegiatan Sosialisasi PLP I Unimed Tahun 2023 yang dilaksanakan oleh LPPM Unimed. Kegiatan sosialisasi ini sungguh sangat penting kita ikuti, agar pelaksanaan PLP I bagi mahasiswa Unimed nantinya dapat berjalan dengan aman, dan sukses, serta kegiatan ini tidak akan mengganggu agenda kegiatan yang ada di sekolah-sekolah mitra nantinya. Kegiatan program PLP I ini kita harapkan dapat mendukung kegiatan pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi sesuai dengan visi Unimed untuk menjadi universitas yang unggul dalam bidang pendidikan, rekayasa industri dan budaya.

Lanjut Rektor, Melalui program PLP I ini diharapkan mahasiswa sebagai calon pendidik (guru) akan lebih memahami, mengetahui, menghayati, menjiwai dan memiliki kemampuan kritis dan analitis terhadap profesinya kelak, setelah mereka tugas sebagai guru di sekolah. Kemudian para mahasiswa diharapkan dapat memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan bidang studi yang disertai dengan kemampuan berpikir kritis tingkat tinggi melalui kegiatan menelaah kurikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan guru. Serta melakukan penelaahan tentang strategi pembelajaran dan sistem evaluasi yang dipakai guru dalam proses pembelajaran. Serta membantu guru dalam mengembangan perangkat pembelajaran, pemanfaatan TIK dalam pembelajaran, dan membantu guru dalam melaksanakan tugas-tugas pekerjaan administrasi guru.

Prof. Dr. Dina Ampera, M.Si Koordinator pusat PLP mengatakan tujuan mata kuliah PLP ini adalah untuk memperkuat kompetensi pemahaman mahasiswa kita dalam pembelajaran mulai dari mendidik, membentuk kepribadian, dan jati diri calon pendidik di mitra sekolah. Kemudian mata kuliah PLP I terdiri dari beberapa topik pembelajaran yaitu pengamatan langsung kultur dan budaya sekolah, pengamatan struktur organisasi dan tata tertib sekolah, serta pembiasaan kegiatan positif di sekolah. Kegiatan PLP ini di lakukan secara Blended Learning dan akan di bimbing oleh guru pamong 3 sampai 5 mahasiswa sementara DPL akan membimbing 10 sampai 15 mahasiswa.

Dalam paparannya, Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. mengatakan bagaimana agar guru-guru di Indonesia ini berkualitas dan Profesional. Dibutuhkan komitmen nasional berupa sistem yang mampu mendorong kinerja professional guru untuk penguatan implementasi sistemik dan hal-hal yang mengenai kebijakan kita tangani dengan baik. Persoalan di guru ini bukan hanya persoalan tentang gurunya saja tetapi konsistensi kebijakan, konsistensi pembinaan dan komitmen dari pendanaan itu harus benar-benar terlaksana dengan baik.

Lanjut Prof. Syawal PLP I ini digelar karena dilihat dari latarnya bagaimana mencetak guru yang inspiratif kemudian keutuhan pendidikan akademik dan profesi. Pendidikan akademik memerlukan early exposure yang memberi pengalaman sedini mungkin tentang sekolah PLP dan menyelenggarakan Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang fokus pada persyaratan dan keterampilan khusus sebagai Guru Profesional.

Prof. Dr. Restu, M.Si. menjelaskan tujuan PLP I yang dimaksudkan untuk membangun landasan jati diri pendidik melalui beberapa bentuk kegiatan di sekolah agar nantinya capaian pembelajaran di PLP I dapat tercapai dengan mendeskripsikan karakteristik umum peserta didik yang kelak akan menjadi tanggung jawab dalam praksis kependidikan,mendeskripsikan struktur organisasi dan tata kerja sekolah, mendeskripsikan peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan seremonial formal di sekolah, praktik pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah, serta mengindentifikasi kegiatan rutin berupa kurikuler dan ekstrakurikuler.(Humas Unimed/dv)