Skip links

UNIMED Pastikan Siswa yang Betul Berprestasi Akademik/Non Akademik Lolos SNBP 2023

Dalam rangka persiapan pelaksanaan Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) tahun 2023, Universitas Negeri Medan menggelar rapat koordinasi bersama unsur pimpinan di tingkat universitas yang terdiri dari Rektor, ketua Senat, Wakil Rektor, Dekan, Direktur Pascasarjana, Kepala Biro, Ketua Lembaga, Tim Penilai Portofolio, Perwakilan Kepala Sekolah dan Panitia SNBP, yang berlangsung selama dua hari, 10 – 11 Maret 2023 di Hotel Radisson Medan.

Penilaian portofolio SNBP dilaksanakan mulai 7 – 13 Maret 2023, selain penilaian portofolio SNBP ini juga dilakukan penilaian untuk beberapa komponen diantaranya nilai rapor untuk seluruh mata pelajaran, nilai rapor mata pelajaran pendukung program studi yang dituju, dan pretasi lainnya.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana, Dr. Abil Mansyur, M.Si., jumlah calon mahasiswa pendaftar melalui jalur SNBP tahun 2023 ke Unimed berjumlah 25.489 yang terdiri dari pilihan pertama (11.535 orang) dan pilihan kedua (13.954 orang). Daya tampung yang disediakan Unimed melalui jalur SNBP ini berjumlah 2547 mahasiswa atau hanya 9.99% dari total calon mahasiswa yang mendaftar. Pelakasanaan SNBP ini akan dilakukan dalam beberapa tahapan dimulai dengan pengiriman data calon mahasiswa yang eligible oleh panitia pusat ke Unimed, Seleksi calon mahasiswa, rapat pleno, konfrensi pers dan pengumuman hasil yang akan diumumkan pada 23 Maret 2023. Hingga saat ini, tahapan-tahapan tersebut berjalan lancar, namun demikian dirasa perlu untuk menelaah kembali seluruh rangkaian proses pelaksanaannya agar lebih baik.

Dalam sambutannya, Rektor Unimed Prof. Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes. mengatakan Melalui pertemuan kita ini, saya juga menyampaikan bahwa tahun 2023 ini kita akan menerima mahasiswa baru sejumlah 8502 orang, yang terbagi kedalam tiga jalur, yakni SNBP, SNBT dan MANDIRI. Kuota untuk jalur SNBP adalah 30 %, atau 2547 mahasiswa, untuk jalur SNBT kuota kita 50 %, atau 4251 mahasiswa, dan untuk jalur MANDIRI kuota kita 20 %, atau 1704 mahasiswa baru. Artinya untuk jalur yang pertama ini SNBP, kita akan menerima mahasiswa baru sejumlah 2547 orang. Oleh karena itu mari kita diskusikan secara maksimal agar para siswa SMA sederajat yang berasal dari seluruh Indonesia yang telah memilih UNIMED, kita dapat seleksi secara objektif dan valid, bahwa yang lulus jalur SNBP di UNIMED nanti benar-benar mahasiswa yang berprestasi secara akademik dan non akademik. Sehingga nanti saat mereka menjadi mahasiswa UNIMED, akan dengan mudah dan lancar mengikuti perkuliahan dan terdorong untuk mengejar prestasi di tingkat nasional dan internasional.

Selanjutnya ia berharap tim penilai portofolio Seni dan Olahraga merancang secara baik dan pola kerjanya harus sesuai dengan buku pedoman dari panitia pusat SNPMB. Berdasarkan buku pedoman penilaian portofolio dari pusat, kita juga dapat menurunkan beberapa kebijakan internal, sehingga panitia dan tim penilai dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawab secara baik dan benar. Kita sama-sama berdoa semoga rapat persiapan dan pelaksanaan proses SNBP di Unimed nantinya dapat berjalan dengan sukses dan kita dapat menerima mahasiswa baru yang terbaik dan berprestasi. (Humas Unimed/eo)