Skip links

Jurusan Bahasa Asing FBS Unimed Merayakan Hari Bahasa Prancis Sedunia

Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis Jurusan Bahasa Asing FBS Unimed Merayakan Hari Bahasa Prancis sedunia “ La Semaine de la Francophonie “ yang ke V kalinya. Perayaan ini digelar selama 2 hari di pelataran Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Unimed, (08-09/03/2023). Kegiatan ini mengundang siswa/siswi dari beberapa sekolah yang ada di Sumatera Utara, seperti SMA Efarina Dolok Sanggul, SMAN 11 Medan, SMAN 1 Sunggal, SMAN 19 Medan, SMA Mutiara Harahap Kerinci, SMA ST Thomas 4 Binjai, SMA Santa Lusia, SMAN 1 Pollung Kab. Humbang, SMAN 1 Pegajahan, SMAN 21 Medan, dan lain sebagainya beserta Guru pedampingnya.

Acara dimulai dengan melakukan pawai di seputaran lingkungan kampus Unimed oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis Jurusan Bahasa Asing dan dosen-dosen diiringi dengan marching band Widya Swara Bahana Unimed. Kemudian acara dilanjutkan dengan peresmian pembukaan yang dilakukan langsung oleh Dekan FBS Dr. Abdurahman Adi Saputera, M.Hum dan turut hadir Wakil Dekan I FBS, Wakil Dekan II FBS. Wakil Dekan III, Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan, KaProdi di lingkungan FBS. Pada kesempatan ini hadir juga Dr. Isda Pramuniati, M.Hum mantan Dekan FBS.

Dr. Abdurahman dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi kepada mahasiswa FBS khususnya Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis Jurusan Bahasa Asing dan bangga kepada semua panitia yang telah menggelar acara tersebut. Tiga tahun lalu seluruh aktifitas kampus nyaris tidak ada yang digelar secara langsung, semua kegiatan perkuliahan dilakukan melalui online. “Hari ini kita patut berbangga dan bersyukur karena kita dapat berkumpul di pelataran Fakultas tercinta kita ini yaitu FBS untuk melaksanakan kegiatan perayaan Hari Bahasa Prancis, Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis yang mana kegiatan ini semestinya sudah menjadi agenda rutin bagi jurusan Bahasa Asing,sejak covid 19 menyerang warga Indonesia khususnya Sumatera Utara seluruh aktifitas perkuliahan, perkantoran bahkan aktifitas masyarakat lainnya nyaris ditiadakan. Kegiatan bertujuan untuk memeriahkan hari bahasa prancis yang dirayakan oleh seluruh negara. Acara ini diharapkan dapat menambah wawasan serta kesadaran dan rasa hormat mahasiswa serta siswa/i sekolah yang hadir terhadap sejarah dan budaya bahasa Prancis,” ujarnya.

Dr. Hesti Fibriasari, M.Hum sebagai PIC/Dosen Pembimbing Kegiatan mengatakan “Dengan diadakan kegiatan seperti ini kita dapat memperkenalkan budaya indonesia di dunia dengan menggunakan bahasa Prancis. Dihari bahasa Prancis ini berkumpul orang-orang yang ahli atau menyukai bahasa Prancis. Untuk itu kita dapat mengambil manfaat tersebut untuk memperkaya kemampuan bahasa Prancis yang kita miliki ataupun dengan saling sharing atau belajar kepada mereka yang ahli di bidang bahasa Prancis karena melalui bahasa Prancis kita dapat mempersatukan dunia. Oleh karena itu acara peringatan hari bahasa Prancis yang digelar Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis Jurusan Bahasa Asing Unimed ini dapat mendorong generasi muda Indonesia untuk mempelajari salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di dunia, karena dengan mempelajari bahasa prancis akan membawa manfaat bagi para pelajar atau mahasiswa di berbagai bidang.” ujar dosen tersebut yang merupakan Dosen Pembimbing kegiatan La Semaine de la Francophonie tahun 2023. Dalam acara perayaan Hari bahasa Prancis ini mahasiswa Unimed juga dapat menikmati jajanan-jajanan kekinian di stand-stand yang tersedia, yang telah dihadirkan oleh panitia pelaksana, serta dalam kegiatan ini juga diadakan beberapa perlombaan seperti lomba cerdas cermat mahasiswa, fashion show, vocal group, lomba pidato, scrable, dan lainnya.(Humas Unimed/js)