Skip links

Unimed Gelar Evaluasi Pelaksanaan PPG Prajab Gelombang I Semester I Tahun 2022/2023

Unimed melaksanakan rapat evaluasi Pelaksanaan PPG PraJabatan Gelombang I Semester I Tahun 2022/2023, peserta yang hadir terdiri dari unsur pimpinan di tingkat universitas, Rektor, Ketua Senat, Wakil Rektor, Dekan, Direktur Pascasarjana, Ketua Lembaga, Ketua prodi, Dosen, Kepala Sekolah Guru pamong, admin kelas, dan pengelola PPG Universitas Negeri Medan. Wakil Rektor I membuka kegiatan ini secara resmi. Kegiatan ini dilaksanakan di Karibia Boutique Hotel pada 25 s.d 26 Februari 2023.

Dalam laporannya. Wakil Ketua Koordinator PPG Unimed Dr. Fajar Apolo, M.Si., Apt, mengatakan PPG Prajabatan Kategori I Tahun 2023 di Unimed telah selesai dilaksanakan.
“Pelaksanaan tahan PPG Prajab gelombang I smester I tahun 2022/2023 di Unimed secara umum telah berjalan lancar, semua proses pembelajaran berjalan dengan baik. Saat ini sedang dilaksanakan perkuliahan semester II untuk 13 bidang studi, jumlah mahasiswa yang (aktif) mengikuti PPG Prajab Gelombang I ini sebanyak 245 mahasiswa”, ujarnya.

Adapun rincian dari bidang studi tersebut yaitu, untuk guru kelas SD ada 18 mahasiswa, guru kelas PAUD/TK 11 mahasiswa, Ekonomi 22 mahasiswa, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan 25 mahasiswa, PKn 20 mahasiswa, Sejarah 14 mahasiswa, Geografi 12 mahasiswa, Bahasa Inggris 19 mahasiswa, Kimia 18 mahasiswa, Biologi 51 mahasiswa, Fisika 21 mahasiswa, Matematika 12 mahasiswa, IPA 2 mahasiswa.
Keseluruhan mahasiswa ini dibagi ke dalam 11 kelas yang mana masing-masing kelas difasilitasi oleh dosen, instruktur, guru pamong, dan admin kelas.

Rangkaian pelaksanaan PPG Prajab ini mengikuti beberapa tahapan dengan bebas belajar 39 SKS selama 2 semester meliputi mata muliah inti (33 SKS), matakuliah selektif (4 SKS), dan matakuliah elektif (2 SKS) kemudian dilnjutkan dengan Uji Kompetensi Mahasiswa PPG (UKMPPG) yang meliputi Uji Pengetahuan (UP) dan Uji Kinerja (UKin). Seluruh tahapan ini dilaksanakan di dalam dan luar jaringan menggunakan LMS yang telah disiapkan oleh Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan, Kemendikbudrisket.

Wakil Rektor I Bidang Akademik Dr. Restu. M.S., dalam arahannya mengatakan meskipun pelaksanaan proses pembelajaran berjalan dengan baik dan lancar, namun dirasa perlu untuk menelaah kembali, merefleksi, dan melakukan evaluasi kembali pada seluruh rangkaian proses pelaksanaannya. “ Dalam rapat ini lah kesempatan kita untuk mengevaluasi seluruh rangkaian proses pelaksanaan yang telah dilakukan, ini untuk memperoleh rekomendasi perbaikan pelaksanaan PPG Prajab Gelombang I pada semester II nanti. Mohon seluruh tim untuk menyiapkan data dan dokumen, untuk penyusunan laporan pelaksanaan PPG Prajab Gelombang I semester I Tahun 2022/2023. Kita berharap dalam kesempatan ini seluruh peserta dapat fokus untuk membahas perbaikan-perbaikan yang akan kita lakukan kedepannya. Manfaati waktu yang ada, lakukan penelaahan, refleksi dan evaluasi ini melalui diskusi bersama dengan kepsek, ketua prodi, dosen, guru pamong, admin kelas, tim penjaminan mutu, divisi akademik dan tim pengelola PPG Unimed”.(Humas Unimed/js)