Skip links

Unimed Berikan Apresiasi kepada Mahasiswa Berprestasi pada Seminar Pendidikan IKA Unimed

Universitas Negeri Medan menggelar Apresiasi Prestasi Mahasiswa dan Seminar Pendidikan Ikatan Alumni (IKA Unimed) Tahun 2022 di Hotel Grand Inna Deli, pada Rabu (21/12). Apresiasi prestasi mahasiswa ini bertujuan untuk memberikan penghargaan atau apresiasi kepada mahasiswa yang telah meraih prestasi di berbagai bidang, seperti akademik, olahraga, seni, dan lainnya.

Kegiatan apresiasi prestasi mahasiswa sangat penting untuk memberikan motivasi dan dorongan kepada mahasiswa untuk terus belajar dan berprestasi di berbagai bidang. Selain itu, kegiatan ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kebanggaan dan rasa cinta kepada almamater dengan prestasi yang telah dicapai oleh mahasiswa. Acara ini diikuti oleh Rektor Unimed, Ketua Senat Unimed, Wakil Rektor, Dekan, Direktur Pascasarjana Unimed, Wakil Dekan III, Pengurus IKA Unimed, dan puluhan mahasiswa dan dosen yang berprestasi.

Selain apresiasi prestasi mahasiswa, juga dilaksanakan Seminar Pendidikan dengan “peran alumni terhadap kemajuan kampus” dengan mengundang narasumber Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. (Ketua Senat Unimed) dan Jafaruddin Harahap, S.Pd., M.Si. (Ketua IKA Unimed / Anggota DPRD Sumut) dengan Moderator Dr. Erond Litno Damanik, M.Si. (Dosen FIS Unimed).

Dalam sambutannya, Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes. mengucapkan terima kasih kepada para mahasiswa dan dosen Unimed yang telah meraih prestasi membanggakan bagi civitas akademika Unimed. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud apresiasi kepada mahasiswa dan dosen atas capaian prestasi yang membanggakan Unimed di kancah nasional dan internasional. Serta wujud kepedulian kita melalui IKA Unimed dalam memajukan mutu dan kualitas pendidikan, khususnya di Sumatera Utara. Semoga kegiatan ini membawa keberkahan dan menjadi penguat dalam menghimpun segala kekuatan dan menjalin kebersamaan melalui Apresiasi Prestasi Mahasiswa dan Seminar Pendidikan IKA Unimed, untuk menggapai kemajuan dan kejayaan kampus kebanggaan kita untuk terus berkontribusi dalam memajukan bangsa dan negara Indonesia yang kita cintai.

Sebagai narasumber Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. mengatakan peran alumni dalam memajukan kampus sangat penting. Kita perlu membuat big data alumni, analisis kebutuhan kerja berbasis web, tracer study alumni dan pengguna lulusan/stakeholder serta meningkatkan sinergitas dan kolaborasi dengan berbagai kegiatan baik dibidang riset, pendidikan maupun pengabdian masyarakat. Mungkin kedepan kita akan merancang joint research dengan alumni, dan mengusulkan program beasiswa dari alumni untuk mahasiswa.

Selaku IKA Unimed, Jafaruddin Harahap, S.Pd., M.Si. mengatakan kita alumni Unimed untuk berkolaborasi dan sinergi bersama dalam memajukan kampus yang kita banggakan Unimed tercinta, dan memajukan mutu dan kualitas pendidikan di Sumatera Utara. Kami berharap agar alumni dan calon alumni nantinya dapat berperan serta ambil bagian di pemerintahan dan pemangku kebijakan, yang bisa menembus birokrasi sehingga terobosan-terobosan dan langkah terbaru dalam memajukan pendidikan di Sumatera Utara bisa dilaksanakan, tentu akan menciptakan hasil yang terbaik untuk membawa Pendidikan di SUMUT menjadi yang terbaik di Indonesia. (Humas Unimed/eo)