Skip links

Jurusan Geografi FIS Gelar Anugerah Pesona Geografi

Anugerah Pesona Geografi (APG) tahun 2022 merupakan kegiatan perdana yang diadakan oleh Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Medan dengan tema “Carve Together, Make It Proud”. Acara ini dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial yakni Dra. Nurmala Berutu M.Pd. Dihadiri oleh Rektor UNIMED tahun 1994-1999 yakni Prof. Drs. Darmono, M.Ed., Ketua Jurusan Pendidikan Geografi, para dosen, alumni, serta seluruh mahasiswa jurusan Pendidikan Geografi.

Dalam sambutannya, Dekan FIS Unimed Dra. Nurmala Berutu, M.Pd. mengatakan “tujuan diselenggarakannya kegiatan APG ini ialah untuk memberikan penghargaan, dukungan dan motivasi kepada mahasiswa aktif jurusan Pendidikan Geografi yang memiliki prestasi baik dibidang akademik, sosial, seni, dan lain sebagainya. Sehingga ada 8 nominasi penghargaan (awards) kepada mahasiswa yang memiliki berbagai prestasi selama di perkuliahan.”

Adapun pemenang kedelapan awards tersebut yakni: Masitoh Munthe sebagai mahasiswa terinsipiratif,
Devani Pardede sebagai mahasiswa aktivis sosial terbaik, Novi Aulia Sari
sebagai mahasiswa penulis terbaik, Lia Khairunnisa sebagai mahasiswa kewirausahaan terbaik, Tanya Bianca sebagai mahasiswa dengan PKM (pekan kreativitas mahasiswa) terunik, Jenifer Halim
sebagai mahasiswa baru terambisius, Ayu Fadhilla sebagai mahasiswa dengan publikasi jurnal terbaik, dan Kelas D stambuk 2021 sebagai media sosial kelas terinformatif.

Dalam acara Anugerah Pesona Geografi diadakan juga perlombaan untuk seluruh mahasiswa aktif jurusan Pendidikan Geografi Unimed, yakni Fashion Show bertemakan Geografi dan Band Competicion dengan aransemen lagu nasional x lagu daerah.

Adapun juara fashionshow ialah juara 1 Yolanda Sembiring, juara 2 Agustina Rahayu dan Aristoteles, juara 3 Rozi Mahmuda dan Selly Marcelina. Pemenang band competicion ialah juara 1 tim Sugenk band stambuk 2020, juara 2 tim G21 stambuk 2021, juara 3 tim The Boys Who Cry stambuk 2019, dan harapan 1 tim Bandit dari stambuk 2022.

Selain itu, untuk memeriahkan acara APG, diadakan berbagai penampilan oleh mahasiswa pendidikan geografi Unimed sebagai unjuk bakat yang dimiliki, yakni berupa tari tradisional dan kreasi mahasiswa, vocal grup, band, musikalisasi puisi, dance, dan flashmob, serta adanya lucky draw dengan berbagai hadiah yang menarik. (Humas Unimed/eo)