Skip links

Seminar Nasional HUT Digilib, Membahas Lebih Dalam Masa Depan Pustakawan

Memperingati Ulang Tahun yang ke-9, Digital Library Universitas Negeri Medan mengadakan berbagai kegiatan diantaranya bazar buku, pagelaran music akustik dan berbagai perlombaan daintaranya  lomba Scrabble antar mahasiswa Unimed, Quiz Rangking satu, Tebak Kata dengan gaya. Acara puncak yang berlangsung pada 02 desember  2022 juga menggelar Seminar Perpustakan .

Peringatan HUT Digilib Unimed digelar setiap tahun dengan bentuk dan pola yang berbeda tiap tahunnya. Tema dipilih disesuaikan dengan perkembangan dan kebutuhan civitas akademika.

Kepala UPT Perpustakaan Unimed Tessa Simahate, S.Sos., M.I.Kom dalam sambutannya mengatakan Seminar Perpustakaan ini mengangkat tema “Pustakawan Masa Depan dan Masa Depan Pustakawan”. Agar bisa menjadi masukan  penting bagi Pustakawan di sumatera utara. kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Rektor Unimed dan seluruh pimpinan, yang mendukung penuh terselenggaranya kegiatan 9 nd Anniversary Digital Library Unimed. Semoga niat baik kita ini akan dapat menjadi pendorong jiwa kita semua dalam mengembangkan ilmu pengetahuan.

Lanjut Tessa, Pada seminar perpustakaan kali ini menghadirkan 2 narasumber Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd (Ketua Senat Unimed), Dhama Gustiar Baskoro, S.S.,M.Pd (Kepala Perpustakaan Jakarta). Serta turut hadir Wail Rektor II, seluruh dekan universirtas, para peserta seminar dari berbagai wilayah di Sumareta Utara.

Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes. Dalam sambutannya saat membuka acara menyampaikan Seminar dengan Tema yang sangat penting bagi kita karena Perpustakaan itu suatu Jantung Universitas dan Perpuskaan sangat mendukung kemajuan perguruan tinggi .Beberapa perguruan tinggi menjadikan perpustakaan dan menjadi manfaaat yang sangat penting untuk mendorong perkembangan karir dosen , mahasiswa, dan juga mengembangkan dan melahirkan ilmu –ilmu yang handal . Oleh karena itu kita sangat berharap bahwa perpustakaan dan pustakawan bisa disebut sepanjang masa .perpustakaan harus berkembang mengikuti perkembangan jaman .Mudah mudahan seminar ini bermanfaaat bagi kita semua dan menambah ilmu pengetahuan.

Prof. Dr. Syawal Gultom M.Pd, dalam Paparanya mengatakan Pustakawan masa depan itu harus memiliki kemampuan Lifelong Learner, Literasi Bahasa, Technology, Data, Manusia dan Budaya. Juga harus memiliki Komitmen (Heartset, Mindset, Skillset dan Toolset), Open Mind, Open Heart, dan Open Will, Kreatiff dan Inovatif. Dan memiliki Kompetensi Profesional dan Personal Pustakawan sehingga menghasilkan kualitas yang baik dan memiliki profesionalisme dalam melayani. Revolusi 4.0 sangat berkaitan dengan analisa, data, dan informasi hal ini yang sudah ada pada pustakawan hanya saja perlu di tingkatkan dari knowledge yang sudah dimiliki, pustakawan harus mampu membuat analisa bisnis berdasarkan koleksi terbitan dan database kepada user. (Humas Unimed/ms,js)