Skip links

UNIMED Gelar Rapat Koordinasi Pelaksanaan UKIN PPG Daljab Kategori I Tahun 2022

Universitas Negeri Medan menggelar Rapat Koordinasi Pelaksanaan Uji Kinerja (UKin) PPG Dalam Jabatan Kategori I Tahun 2022 di Grand Mercure Maha Cipta Angkasa Hotel Medan, (09/10). Rapat koordinasi pelaksanaan UKIN tersebut diikuti oleh 300 peserta, yang terdiri dari Unsur Pimpinan di tingkat Universitas, Dosen dan Guru Penguji UKIN, Admin IT pelaksanaan UKin dan pengelola PPG Universitas Negeri Medan.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes. Dalam sambutannya mengatakan rapat koordinasi ini dilakukan untuk menyamakan persepsi tentang pelaksanaan teknik kegiatan UKin PPG Daljab kategori I yang akan segera dimulai pelaksanaannya. Pada kesempatan ini Rektor berharap kepada dosen dan guru penguji UKin untuk melaksanakan tugas ini dengan baik dan penuh dengan tanggung jawab. “Marilah kita bekerja secara professional, silahkan membaca dan memahami tugas kita lewat panduan atau dokumen yang diberikan oleh panitia, jika menemukan ada masalah pada saat pelaksaan UKin, silahkan berkoordinasi dengan pengelola dan admin IT PPG Unimed,“ tuturnya. Rektor menghimabu kepada admin IT PPG agar dapat terus membantu dan memfasilitasi dosen, guru pamong, dan mahasiswa PPG yang akan melaksanakan UKin dengan sebaik-baiknya, sabar dalam memberikan layanan serta dengan tulus dan ikhlas. “Mari kita laksanakan keputusan hasil diskusi ini, dan persipakan segala sesuatu yang dibutuhkan dalam menyusun dan menyukseskan pelaksanaan UKin PPG Daljab kategori I tahun 2022.

Dalam penguatannya, Ketua Panselnas UKMPPG yg juga Ketua Senat Universitas, Prof. Syawal Gultom, M.Pd. mengatakan tantangan masa depan Pendidikan kita adalah bagaimana menciptakan peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi. Untuk itu diperlukan guru masa depan yang mampu untuk bekerja dan menginspirasi peserta didik untuk belajar dengan baik. Menjadi guru profesional, terang Prof. Syawal, harus diawali dari panggilan jiwa dan perubahan mindset diri untuk mau berubah serta mempunyai rasa tanggung jawab untuk mencerdaskan generasi masa depan anak bangsa. PPG ini menjadi garda terdepan dalam meningkatkan kualitas guru dan harus bisa objektif dalam penilaian. Karena masa depan generasi muda berada di tangan guru-guru hari ini. Tidak ada satu manusia pun di dunia ini yang hidupnya sudah sukses, tanpa melewati peran seorang guru. Kebaikan dan peran seorang guru akan dikenang dan mempengaruhi pola hidup kita semua.

Ketua Koordinator PPG Unimed, Dr. Abil Mansyur, M.Si. melaporkan bahwa seluruh peserta PPG Dalam Jabatan Kategori I yang telah menyelesaikan seluruh tagihannya akan mengikuti tahapan selanjutnya yaitu Uji Kinerja (UKin). Setelah mengikuti UKin ini seluruh peserta juga nantinya akan mengikuti Uji Pengetahuan (UP) yang merupakan bagian akhir dari rangkaian tahapan pelaksanaan PPG Dalam Jabatan. “Mahasiswa PPG Daljab kategori I yang akan mengikuti Uji Kinerja ini berjumlah 1323 peserta terbagi pada 16 bidang studi yaitu: Guru Kelas SD sebanyak 687 peserta, Guru Kelas PAUD 60 peserta, Bimbingan Konseling 35 peserta, Bisnis dan Pemasaran 27 peserta, Ekonomi 34 peserta, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan 137 peserta, PKn 35 peserta, Bahasa Indonesia 35, Bahasa Inggris 65 peserta, Seni Musik 27 peserta, Seni Rupa 23 peserta, Teknik Geomatika dan Gespasial 6 peserta, Teknik Konstruksi dan Properti 29 peserta, Biologi 65, Fisika 25 dan Matematika 35 peserta.”

Selanjutnya Abil menjelaskan rangkaian pelaksanaan UKin ini akan dilaksnakan dalam beberapa tahapan antara lain: briefing bagi mahasiswa 04 Oktober 2022, UKin Praktek Pembelajaran pada tanggal 5 Oktober 2022, mengisi portofolio dan unggah pembelajaran pada tanggal 07 – 09 Pktober 2022 dan Penilaian UKin oleh penguji 14 – 20 Oktober 2022. “ Oleh karena itu perlu dilakukan rapat koordinasi pelaksanaan UKin PPG Daljab kategori I ini demi kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan UKin Mahasiswa PPG Dalam Jabatan Kategori I ini nantinya. Kegiatan ini dilaksanakan selama 1 hari. Pada acara pembukaan turut hadir Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, Wakil Rektor III, Jajaran Dekan Fakultas, Direktur Pascasarjana dan Ketua Lembaga dilingkungan Unimed,”ungkap Dr. Abil.(Humas Unimed/js)