Skip links

Mahasiswa Prodi PTIK FT Unimed raih medali dalam 2nd Indonesian Student and Lecturer Competition 2022

Mahasiswa Prodi Pendidikan Teknologi Informatika dan Komputer (PTIK) FT Unimed berhasil mendapatkan penghargaan dalam 2nd Indonesian Student and Lecturer Competition, yang diselenggarakan oleh Forum Kerjasama Perguruan Tinggi Juli – Agustus 2022 lalu. Ajang kompetisi ini diikuti oleh 103 produk/peserta dari 21 Perguruan Tinggi yang berasal dari 6 provinsi. Prodi PTIK berhasil mendapatkan 2 medali emas untuk produk mahasiswa dengan skema Digital Learning atas nama Nurul Asyikin, dan Learning Management System atas nama Deskristina Siregar, yang keduanya dibimbing oleh Drs. Sriadhi ST., M.Pd., M.Kom., Ph.D yang juga merupakan Ka Prodi PTIK. Sedangkan medali perak diperoleh dalam skema Multimedia Learning atas nama Rina Septianingsih, dengan pembimbing Prof. Dr. Abdul Muin Sibuea, M.Pd.

Dekan FT Unimed Prof. Dr. Harun Sitompul, M.Pd.mengucapkan selamat dan memberikan apresiasi kepada mahasiswa Prodi Pendidikan Teknologi Informatika dan Teknologi ( PTIK) , “Kami pimpinan Fakultas Teknik Unimed sangat bangga kepada mahasiswa yang telah berhasil mendapatkan 2 medali emas dan 1 medali perak pada 2nd Indonesian Student and Lecturer Competition, yang diselenggarakan oleh Forum Kerjasama Perguruan Tinggi Juli – Agustus lalu,  dan juga sangat berterima kasih dan mengapresiasi kepada para dosen pembimbing yang telah membimbing mahasiswa kita pada lomba tersebut sehingga membawa nama FT Unimed jadi harum. Semoga prestasi ini menjadi dorongan atau motivasi untuk mahasiswa lainnya untuk semakin terdorong untuk berkarya, berinovasi , dan berprestasi.

Selanjutnya Ka Prodi PTIK,  Drs. Sriadhi ST., M.Pd., M.Kom., Ph.D menyatakan, produk yang dilombakan adalah karya mahasiswa yang merupakan produk Tugas Akhir/Sekripsi. Karya ini sudah dirancang sejak perkuliahan sebelumnya, khususnya saat mengikuti mata kuliah Rekayasa Industri (Projek TIK). Merupakan kewajiban bagi mahasiswa PTIK bahwa penyelesaian studi harus menghasilkan luaran berupa Produk TIK dan artikel jurnal, sedangkan ujian akhir dapat dilakukan setelah mahasiswa dinyatakan berhasil (lulus) dalam Ujian Komprehensi TIK dengan 25 indikator kompetensi yang merupakan prasyarat ujian akhir sekripsi di Prodi PTIK ini.  Beliau juga menyatakan, banyak produk TA/Skripsi mahasiswa yang telah dihasilkan, sebagian menjadi inventaris prodi untuk menjadi Peraga/Media pembelajaran seperti multimedia virtual, Augmented Reality for Learning, dan Pengendali Robotik. Beberapa produk telah diikutkan dalam berbagai perlombaan sesuai bidang, seperti tahun 2020 lalu yang berhasil mendapatkan 2 medali emas, 2 perak dan 1 perunggu. Selain itu, luaran TA/Sekripsi mahasiswa, juga dalam bentuk bahan ajar (ISBN) dan e-book interaktif, bahkan empat diantaranya sudah digunakan sebagai bahan ajar di SMK program TKJ dimana mereka melaksanakan PLP2. (Humas Unimed)