Skip links

FT UNIMED Gelar Pengukuhan dan Pengambilan Sumpah Bagi 20 Wisudawan Profesi Insinyur

Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan melaksanakan Pengukuhan dan Pengambilan Sumpah Profesi Insinyur Program Studi Pendidikan Profesi Insinyur (PPI) Angkatan IV Tahun 2022 yang dilaksanakan secara blended, dilaksanakan secara luring di Lt. 2 Aula FT Unimed, sedangkan daring melalui aplikasi Zoom, pada Jum’at (02/09/2022).

Acara tersebut dibuka oleh Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes. Dihadiri juga oleh Ketua Senat Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd., Jajaran Wakil Rektor, Dekan FT Prof. Dr. Harun Sitompul, M.Pd. bersama Wakil Dekan, hormati Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) yang diwakilkan Ketua Badan Pelaksana PII, Direktur Eksekutif dan Ketua Program Profesi Insinyur PII, Ketua Persatuan Insinyur Indonesia Wilayah Sumut, Ketua PII Cabang Kota Medan, Ketua Alumni Profesi Insinyur Unimed, Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan, Kaprodi dan dosen di Lingkungan FT Unimed, Wisudawan dan Keluarga Wisudawan.

Dalam sambutannya, Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes. menyampaikan ucapan selamat dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada 20 wisudawan yang telah menyelesaikan studi Pendidikan Profesi Insinyur di FT Unimed. Ucapan terimakasih yang tulus kepada masyarakat dan para orang tua/wali yang telah mengamanatkan anggota keluarganya untuk dididik dan dibina di kampus kebanggaan kita Universitas Negeri Medan. Semoga apa yang telah dicapai, setelah menempuh serangkaian aktivitas akademik dan non akademik di Prodi Pendidikan Profesi Insinyur, dapat menghantarkan para alumni ke gerbang kesuksesan menyongsong masa depan yang gemilang dan dapat membahagiakan orang tua dan keluarga. Melalui berbagai aktivitas akademik di FT Unimed telah membentuk lulusan Pendidikan Profesi Insinyur yang unggul dan memiliki kompetensi, skill dan keahlian Keinsinyuran. Namun kami berharap saudara secara personal tetap memperkuat skill yang dibutuhkan di era industri dan perdagangan bebas saat ini, agar saudara mampu bersaing didunia kerja yang semakin kompetitif. Seluruh masyarakat dan dunia kerja, sangat menaruh harapan yang cukup besar kepada alumni Program Pendidikan Profesi Insinyur di FT Unimed.

Selanjutnya Rektor mengatakan terkait Undang-undang No. 11 Tahun 2014 tentang keinsinyuran pada BAB 6 pasal 10 tentang registrasi insinyur, bahwa “Setiap insinyur yang akan melakukan praktik keinsinyuran di Indonesia harus memiliki Surat Tanda Registrasi Insinyur (STRI)”, salah satu syarat untuk mendapatkan STRI adalah sudah menempuh Pendidikan Profesi Insinyur. Prodi Pendidikan Profesi Insinyur FT Unimed merupakan jawaban pemerintah dan dunia pendidikan Indonesia atas terbitnya UU tersebut. Prodi Profesi Insinyur FT Unimed ini merupakan salah satu Prodi Profesi Insinyur terbaik di 40 Perguruan Tinggi di Indonesia, yang menerima mandat untuk menyelenggarakan pendidikan profesi insinyur dari pemerintah.
Diakhir sambutannya, Rektor menyampaikan “Acara Pengukuhan dan Pengambilan Sumpah Profesi Insinyur, yang kita laksanakan ini bukanlah untuk menyatakan bahwa masa belajar Saudara telah berakhir, justru sebaliknya menjadi titik pangkal perjuangan yang baru dalam mengimplementasikan kemampuan dan skill yang sudah dimiliki selama studi Pendidikan Profesi Insinyur di FT Unimed. Keahlian dan kemampuan yang telah diperoleh harus menjadi modal agar saudara dapat berkiprah, berkarya dan meniti karir untuk meraih kesuksesan hidup dan meraih masa depan yang bahagia bersama keluarga.”

Pada penutupan acara, Dekan FT Prof. Dr. Harun Sitompul, M.Pd. turut menyampaikan selamat kepada lulusan Program Studi Pendidikan Profesi Insinyur (PPI) Angkatan IV tahun 2022. “Alhamdulillah, pada Prodi Pendidikan Profesi Insinyur Angkatan IV FT Unimed tahun ini, berhasil mempersembahkan 20 wisudawan yang akan dikukuhkan dan diambil sumpah sebagai Profesi Insinyur. Sehingga total kita sudah mengukuhkan 64 wisudawan Profesi Insinyur mulai dari angkatan I hingga angkatan IV. Serta ada 37 mahasiswa Angkatan V yang sedang melaksanakan aktivitas pembelajaran. Semoga semua aktivitas akademik dan upaya yang telah kita lakukan selama mengikuti program pendidikan profesi insinyur di FT Unimed dapat menjadi amal baik bagi kita semua, sehingga kita dapat terus menjadi insan yang bermanfaat bagi sesama. Kami mohon maaf apabila upaya kami untuk memberikan layanan terbaik kepada Saudara masih terdapat kekurangan. Do’a kami semoga Allah SWT selalu memberikan kekuatan, bimbingan, dan kemudahan sehingga Saudara para lulusan Pendidikan Profesi Insinyur, yang hari ini di kukuhkan dan diambil sumpah sebagai Insinyur, dapat hidup sukses dalam meniti karir untuk masa depan yang gemilang.” (Humas Unimed/eo)