Skip links

Tim Dosen Unimed Laksanakan Pendampingan Meningkatkan Kompetensi Literasi Parafrasa di SMP Negeri 35 Medan

Tim Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Unimed Melaksanakan kegiatan Kemitraan Masyarakat berupa Pendampingan kepada guru-guru Bahasa Inggris  mengenai Literasi Parafrasa Teks Transaksional Lisan Berbasis Kearifan Lokal melalui Model Reading to Learn (R2L) di SMP Negeri 35 Medan. Pendampingan mencakup pengenalan Model Reading to Learn (R2L), simulasi oleh guru, penyusunan RPP, Bahan Ajar, Media Pembelajaran, LKPD, dan Rubrik Penilaian yang diikuti oleh kelima guru Bahasa Inggris yang dimulai dari bulan April sampai dengan bulan Agustus 2022, yang dilaksanakan sekali seminggu. Kegiatan ini dilaksanakan di SMP Negeri 35  Desa Medan Estate Kecamatan Medan Tembung Kotamadya Medan.

Adapun  Tim Dosen  yang melaksanakan kegiatan pendampingan  kepada  guru-guru Bahasa Inggris diketuai oleh Dr. Rahmad Husein,  M.Ed, dengan anggota Dr. Masitowarni Siregar, M.Ed. dan Dr. Anni Holila Pulungan, M.Hum. beserta lima orang mahasiswa. Pada kegiatan ini, tim menyerahkan seperangkat ATK kepada tim guru dan satu kelas peserta didik yang dijadikan sampel model pembelajarn R2L.

Pada kesempatan Kegiatan Dr. Rahmad Husein,  M.Ed, Sebagai Ketua tim bertindak langsung memberikan pelatihan kepada guru-guru dan siswa SMP Neberi 35 tentang meningkatkan kompetensi literasi parafrasa teks transaksional lisan berbasis kearifan local .

Dan mengajak guru “Mari Bangkitkan Kualitas Masa Depan SDM Kita“. Guru hebat sebagai innovator, mengoptimalkan ketrampilan berpikir kritis (Higher Order of Thinking Skill) dan menjadi guru dengan ketrampilan manajemen kelas yang baik, pola pendekatan mengajar dan model yang sesuai dengan kebutuhan materi dan karakteristik peserta didik. Hasil penelusuran menunjukkan bahwa kearifan lokal mengandung nilai-nilai potensial yang diperlukan untuk mewujudkan pendidikan yang lebih bermakna dan relevan.Ucapnya

Kepala Sekolah SMP Negeri 35, Drs. Bowonaso Lahagu, M.M. menyambut hangat dan antusias dengan kegiatan pendampingan yang dilakukan oleh tim kemitraan dari Unimed. Beliau juga mengapresiasi atas perhatian pihak Unimed menyelenggarakan kegiatan tersebut di SMP Negeri 35 yang beliau pimpin. Beliau juga berharap di masa yang akan datang akan ada lagi kegiatan bernuansa edukasi yang dapat menambah wawasan para guru di sekolah tersebut terkait dengan informasi terbaru di dunia pendidikan, terutama yang diterapkan di Indonesia.(Humas Unimed)