Skip links

Mahasiswa UNIMED Ciptakan Inovasi Masker Muka dari Bahan Alami

Mahasiswa Universitas Negeri Medan yang tergabung dalam kelompok PKM-Kewirausahaan melakukan inovasi dengan memanfaatkan bahan Alami yakni daun Bandotan atau dikenal dengan bahasa ilmiah Ageratum conyzoides L. menjadi produk masker bubuk yang baik untuk kulit berjerawat.

Kelompok ini diketuai oleh Bunga Yustira Dongoran (Matematika 2019) dan beranggotakan Iman Kamarullah Hasibuan (Matematika 2019), Ardhana Hijratur Rahman (Gizi 2019), Khairatun Annisa (Kimia 2020), dan Dimas Rifai (Manajemen 2020). Kelompok PKM ini dibimbing oleh Tri Andri Hutapea S.Si,M.Sc sebagai Dosen Pembimbing.

Bunga selaku ketua kelompok menjelaskan “Produk ini merupakan ekstraksi dari daun bandotan dengan nama pemasaran “Ageratum Glow Organic Face Mask”. Produk Ageratum Glow Organic Face Mask menawarkan solusi produk antijerawat berbahan alami yang lebih sehat dengan khasiat yang bermanfaat, karena produk ini bebas kandungan bahan kimia yang berisiko terhadap kulit wajah sensitif yang dapat menyebabkan iritasi sehingga memberikan rasa aman untuk digunakan konsumen,”.

Daun bandotan yang mengandung metabolit sekunder untuk anti oksidan pencegahan dan pengobatan jerawat. Ageratum Glow Organik Face Mask dapat lebih cepat untuk menyembuhkan bekas luka pada kulit termasuk luka jerawat dan mencegah penumbuhan jerawat yang diakibatkan bakteri. Sifat penyembuh luka yang terdapat pada Bandotan lebih dari 90% terdapat pada ekstrak .Senyawa alkaloid dan saponin bekerja sebagai antioksidan dan antibakteri. (Humas Unimed/zr)