Skip links

Unimed Gelar Rapat Koordinasi PPG Daljab Kategori I Kemendikbudristek Tahun 2022

Dalam rangka penyamaan persepsi tentang pelaksanaan teknis kegiatan, Universitas Negeri Medan menggelar Rapat Koordinasi Pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Kategori I Kemendikbudristek Tahun 2022 pada 26 – 28 Agustus 2022 yang dilaksanakan secara luring di Grand Mercure Medan Angkasa Hotel. Kegiatan ini turut dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor, Senat Universitas, Direktur Pascasarjana, Kepala Biro, Ketua Lembaga, Ketua Prodi, Dosen, Guru Pamong, Admin Kelas/IT dan pengelola PPG Unimed.

Dalam sambutannya, Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes. mengatakan “Pelaksanaan PPG Dalam Jabatan Kategori I Unimed tahun 2022 telah kita mulai beberapa waktu yang lalu. Mahasiswa PPG sudah melakukan kegiatan lapor diri, penyegaran bagi dosen, guru pamong dan tim IT. Setelah itu, para mahasiswa ppg akan melaksanakan pembelajaran daring, mulai dari pendalaman materi, pengembangan perangkat pembelajaran, peer teaching, uji komprehensif dan uji kinerja.”

“Keseluruhan rangkaian kegiatan tersebut sudah kita laksanakan sesuai dengan regulasi dan pedoman yang ada. Peserta PPG Dalam Jabatan Kategori I melaksanakan diklat yang sepenuhnya dilakukan secara daring melalui LMS Kemdikbud-Ristek. Dan saat ini, peserta PPG akan melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Dalam rapat koordinasi ini, kita akan mendiskusikan bagaimana langkah-langkah kita dalam pelaksanaan PPG tahun ini agar PPG Kategori I bisa berjalan dengan lancar. Mari kita laksanakan keputusan hasil diskusi dan persiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan dalam menyusun dan menyukseskan pelaksanaan PPG dalam jabatan tahun 2022. Dalam kesempatan ini juga kami memohon masukan dan saran dari bapak Ketua Senat agar pelaksanaan PPG dalam jabatan Kategori I ini bisa berjalan dengan baik dan sukses,” ujar Rektor.

Dilanjutkan dengan pidato singkat dari Ketua Senat Unimed, Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. mengatakan “Untuk menjadi guru yang profesional harus menguasi dengan konten-konten yang berkembang sekarang yakni technological content, pedagogical content, advence content dan lainnya. Hal pertama yang harus dilakukan adalah merubah mindset dan cara belajar karena itulah Higher Order Thinking Skill atau yang disebut HOTS adalah tema pertama yg diintegrasikan pada pembelajaran. PPG ini memang disetting untuk menjadikan guru yang kreatif dan berbasis HOTS sehingga melahirkan peserta didik pembelajar. Pada kegiatan rapat koordinasi pelaksanaan PPG Daljab Kategori I Unimed ini, kami berharap agar ada kesepakatan dan kolaborasi yang baik dengan dosen yang mengajar ppg, guru pamong dan admin kelas untuk membuat ppg ini lebih baik dengan kesepakatan materi, proses, dengan begitu para guru ini dapat memiliki warisan termahal ketika selesai mengikuti PPG yakni memiliki kapasitas belajar dan kesiapan mengikuti ujian.

Dalam laporannya, Dr. Abil Mansyur, M.Si. mengatakan “Berdasarkan hasil Uji Komprehensif ada sebanyak 1358 mahasiswa yang menyatakan kesediaan mengikuti PPG Dalam Jabatan Kategori I Universitas Negeri Medan Tahun 2022, namun ada yang tidak lapor diri 10 orang, mengundurkan diri 19 orang, dan tidak lulus komprehensif 3 orang, sehingga peserta yang mengikuti PPL PPG Daljab Kategori I sebanyak 1326 orang. Pelaksanaan tahapan PPG Daljab Kategori I yang telah dilaksanakan meliputi Pendalaman Materi, Pengembangan Perangkat Pembelajaran dan Ujian Komprehensif, secara umum telah berjalan dengan lancar. Namun demikian dirasa perlu untuk menelaah kembali proses pelaksanaannya untuk meningkatkan kualitas proses pelaksanaan PPG Daljab Kategori I. Hal ini dilakukan melalui dikusi bersama dengan ketua prodi, dosen, guru pamong, admin kelas, tim penjamin mutu, divisi akademik dan tim pengelola PPG Unimed, yang meliputi refleksi dan evaluasi terhadap proses pelaksanaan tahapan pendalaman materi,pengembangan perangkat pembelajaran dan uji komprehensif pada pelaksanaan PPG Daljab Kategori I Tahun 2022. (Humas Unimed/eo)