Skip links

Dosen Unimed Mendampingi Kelompok Usaha Roti Keliling Di Binjai

Masa pandemi Covid 19 merukan masa yang sangat sulit bagi semua kalangan tak terkecuali kelompok usaha roti keliling. Kelompok ini mengalami tekanan yang sangat berat untuk dapat bertahan menjalankan usahanya. Oleh karena itu, tim Pengabdi Dosen Unimed yang diketuai oleh Bapak Winsyahputra Ritonga, M.Si merasa perlu melakukan berbagai upaya untuk dapat berkontribusi dalam memecahkan masalah yang dihadapi oleh kelompok ini.

Salah satu kelompok usaha roti keliling yang diadampingi oleh tim adalah kelompok usaha roti yang dimiliki oleh bapak Ribudi Sunarno dan Novi Budiani yang berada didesa Binjai kabupaten Langkat. Melalui program ini tim dosen pengabdi melakukan pendampingan dengan membuat berbagai upaya untuk membantu usaha tetap berjalan dengan baik. Bebrapa program yang dibuat adalah memberikan penyuluhan untuk melakukan efisiensi baik dari segi bahan maupun proses produksi.

Untuk dapat melakukan efisiensi bahan maka tim mengajak kelompok untuk menganalisis mana produk yang sangat laris dipasar hingga yang kurang laris. Dari pemetaan ini maka dapat dilakukan produksi yang efektif dan bahan yang disesuaikan dengan kondisi pasar sehingga dengan efisiensi yang dilakukan tidak menghilangkan konsumen karena cita rasa yang sangat dipertahankan. Sementara untuk ukuran roti harus tetap dipertahankan maka solusinya adalah harus melakukan proses yang sedikit memakan waktu agar pengembangannya bisa maksimal.

Upaya efisiensi berikutnya adalah proses produksi yang lebih baik, dimana tim pengabdi melakukan upaya transfer teknologi berupa alat proses produksi. Dengan memberikan pelatan yang baik mulai dari proses adonan dan pemasakan maka dapat dilakukan efisensi proses produksi. Hal ini sangat membantu kelompok untuk dapat bertahan dan berkembang dimasa yang akan datang.

Proses pendampingan yang dilakukan oleh kelompok dosen Unimed ini dirasakan oleh kelompok ini sangat membantu mereka dalam upaya mempertahankan diri dan mengembangkan usahanya dimasa yang akan datang. Mereka sangat mengucapkan ribuan terima kasih kepada Unimed secara Lembaga dan kepada kelompok dosen sebagai tim yang telah didukung oleh unimed melalui LPPM baik secara moril dan materil.(Humas Unimed)