Skip links

Mahasiswa UNIMED Berikan Pelatihan Pemanfaataan Teknologi Digital kepada Remaja Masjid

Mahasiswa Universitas Negeri Medan bekerja sama dengan Remaja Masjid Jamik di lingkungan VI, Kelurahan Sudirejo I, Kecamatan Medan Kota, Kota Medan melakukan Sosialisasi dan Pelatihan penggunaan dan pemanfaataan teknologi digital kepada seluruh anggota Remaja Masjid Jamik. (31/07/2022)

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Mahasiswa Unimed yang tergabung dalam Tim PKM-PM (Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian kepada Masyarakat) dengan judul “IMAS G-Z: Indonesia Emas 2045 Melalui Pemberdayaan Generasi Z dalam Pengunaan dan Pemanfaatan Teknologi Digital” bertujuan agar seluruh anggota Remaja Masjid siap menghadapi era digital di masa sekarang dan masa yang akan datang. Adapun Tim PKM-PM Unimed yang melaksanakan kegiatan tersebut diketuai oleh Suwanda (Fisika) dan beranggotakan Rahayu agustina (Pendidikan Fisika), Muammar Sahalatua Siregar (PGSD) dengan Dosen Pendamping Budiman Nasution, S.Pd, M.Si.

Suwanda selaku ketua pelaksana mengatakan tujuan dari kegiatan PKM-PM ini adalah untuk membantu para anggota Remaja Masjid yang masih mengalami kesulitan dalam kemampuan menggunakan dan memanfaatkan Perangkat teknologi digital. “Kami yang tergabung dalam Tim PKM-PM hadir untuk menjawab dan memberikan solusi dari permasalahan dan kesulitan yang mereka alami dengan mengadakan Sosialisasi dan pelatihan penggunaan dan pemanfaaatan teknologi digital. Harapannya dengan pelatihan ini Anggota Remaja Masjid tidak lagi mengalami kesulitan dalam penggunaan teknologi digital dimasa sekarang dan di masa yang akan datang untuk menuju Indonesia Emas 2045,” ujar Suwanda.

Dosen Pembimbing Budiman Nasution, S.Pd, M.Si. mengatakan Kegiatan Tim PKM-PM ini seabagai wujud dari kreativitas mahasiswa dalam membantu menyelesaikan permasalahan dan kesulitan yang dihadapi oleh mitra dalam menghadapi perkembangan teknologi digital di era sekarang dan di era yang akan datang. “Saya berharap dengan kegiatan ini bisa membantu mencerdaskan anak bangsa terkhusus generasi Z selaku generasi yang akan mewarisi negeri ini di masa yang akan datang. Tentunya harus di persiapkan dari sekarang agar para generasi Z dapat terus berkreativitas dengan memanfaatkan teknologi sehingga bisa merubah hal hal yang negatif dari teknologi menjadi hal yang positif bagi mereka,” ungkap Budiman.

Ketua BKM Masjid Sugianto dan Kepala Lingkungan VI Edy Syahputra turut berterimakasih kepada tim PKM-PM yang telah hadir di desa mereka untuk melakukan kegiatan “Sosialisasi dan Pelatihan Penggunaan dan Pemanfaatan Teknologi Digital”. “Kami warga dari lingkungan VI sangat berterimakasih atas kegiatan yang diadakan oleh adik-adik mahasiswa. Adik-adik mahasiswa telah peduli dengan kami hadirnya kegiatan ini sebagai jawaban atas permasalahan yang kerab masih dialami oleh Remaja di desa kami terkhususnya Anggota Remaja Masjid Jamik. Diharap kegiatan ini dapat membantu para remaja di desa ini khususnya remaja masjid kami untuk aktif memanfaatkan teknologi dalam bidang yang positif dan dapat membantu orang tua mereka,” ujar Edy selaku Kepling.

Ketua BKM Masjid  jamik Sugianto berharap kedepannya ada pelatihan khusus bagi orangtua di desa, “Kami berharap kegiatan ini tidak hanya sampai disini semoga menjadi kegiatan yang berkelanjutan dimana nanti adik-adik mahasiswa dapat melakukan kegiatan sosialisasi bagi orangtua. hal ini bertujuan agar orangtua dapat mengimbangi kemampuan anak anak mereka dalam menggunakan perangkat teknologi digital agar orangtua didesa itu dapat senantiasa mengawasi anak-anak mereka sehingga mereka tidak menyalahgunakan pemakaian teknologi yang berujung ke perbuatan yang negatif,” ujar Sugianto.(Humas Unimed/zr)

Leave a comment