Skip links

Tim PKM Dosen Unimed Bantu Mengatasi Permasalahan UKM Opak Singkong di Kelurahan Binjai

Tim dosen Universitas Negeri Medan yang merupakan kolaborasi antara dosen Fakultas Teknik dan Fakultas Ekonomi melaksanakan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM)  bantu mengatasi permasalahan UKM opak singkong  di kelurahan binjai kecamatan Medan denai kota Medan, selasa 19 Juli 2022.

Pengabdian ini di ketuai oleh Bisrul Hapis Tambunan, ST.,MT yang juga dikenal sebagai penggiat “UKM naik kelas” didampingi Prof.Dr.Harun Sitompul,M.Pd dan Dr. Dina Syarah Syareza, M.Si, selaku anggota Tim.

Selaku Ketua  tim Bisrul Hapis Tambunan, ST.,MT  menyampaikan  bahwa ada beberapa rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam masa pelaksanaan PKM ini diantaranya pemberian  bantuan peralatan produksi berupa Mesin pemarut singkong, pendampingan penerapan manajemen dan pemasaran yang akan berlangsung selama 8 bulan.

Target kita, setelah pelaksanaan program ini diharapkan UMKM opak singkong yang di kelola Ibu Rosalinda dan keluarga dapat meningkatkan kapasitas dan kwalitas produksi, omset dan keuntungan dan pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga Ibu Rosalinda” ujarnya.

Dipihak lain Ibu Rosalinda selaku pemilik dan pengelola UKM mengatakan sangat bersyukur dan berterima kasih atas pelaksanaan PKM dari Universitas Negeri Medan. dia menambahkan, meraka memang sudah lama mendambakan mesin khusus pemarut singkong namun karena ketiadaan dana belum sanggup membelinya.

Selama ini kami memakai parutan kelapa sehingga tidak bisa semua ubi terparut habis karena harus ada pegangan, disamping itu juga sangat rawan terjadi kecelakaan berupa tangan terparut, kami juga tidak faham cara penerapan manajemen dan pemasaran, mudah-mudahan dengan adanya Tim PKM dari UNIMED bisa mendampingi kami dalam penerapannya, tambahnya. (Humas Unimed)