Skip links

Tim PKM LPPM UNIMED Berikan Pembinaan Kemampuan Bercerita Pada Guru TK Negeri Pembina 1 Medan  

Tim PKM (Program Kemitraan Masyarakat) LPPM Universitas Negeri Medan melakukan pengabdian masyarakat dengan memberikan pembinaan kemampuan bercerita pada guru TK Negeri Pembina 1 Medan. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Juni 2022. Program ini diketuai oleh Trisnawati Hutagalung, S. Pd., M. Pd. dengan anggota Dr. Aman Simaremare, MS., Dr. Yasarotodo Wau, M. Pd., dan Husna Parluhutan Tambunan, S. Pd., M. Pd. serta mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yaitu Revika Ananda Putri, Fira Febriyanti, Nofri Agnesita Sitanggang, dan Fransiskus Dwi Anggoro dan mahasiswa jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar yaitu M. Faiz Harridhi Manik.

Tim pengabdian  ini bekerja sama dengan kepala Sekolah TK Negeri Pembina 1 Medan yang beralamat di Jalan Guru Sinumba Medan, Helvetia Timur dengan melibatkan guru, siswa, dan narasumber Syahrizal Akbar, M.Pd. Pengabdian ini dilakukan untuk membantu sekolah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (guru) khususnya kemampuan guru dalam bercerita.

Menurut Dra. Rahmi Bachtar, M.Psi. kepala sekolah TK Negeri 1 Pembina Medan kegiatan yang dilakukan oleh tim pengabdi dapat memberikan manfaat pada guru dalam menarik minat dan perhatian siswa, serta dapat meningkatkan penguasaan keterampilan siswa dalam mendengarkan dan berbicara. Kegiatan bercerita untuk anak usia dini ini penting karena memberikan dampak positif, salah satunya membangkitkan semangat anak usia dini dalam belajar. Hal tersebut sejalan dengan yang disampaikan oleh Trisnawati Hutagalung, S. Pd., M. Pd. ketua Tim Pengabdian, kegiatan pengabdian ini bertujuan memberikan pembinaan dalam meningkatkan kemampuan bercerita guru TK. Peran guru akan sangat dominan dalam menciptakan kemampuan imajinasi serta respon anak dalam menangkap suatu cerita. Melalui kemampuan bercerita yang baik, guru dapat menanamkan karakter kepada anak serta dapat meningkatkan daya imajinasi, kepercayaan diri dan kemandirian anak.

Pengabdian ini diawali sosialisasi kegiatan PKM dilanjutkan oleh narasumber dengan memberikan pemahaman terkait teknik kemampuan bercerita pada guru TK. Kemudian, dilanjutkan dengan mempraktikkan cara bercerita kepada siswa TK yang tepat. Pendampingan ini terus dilakukan sampai guru TK mencapai kemampuan bercerita yang baik. Melalui pengabdian ini akan dihasilkan produk berupa video pembacaan cerita anak oleh guru Tk Negeri Pembina 1 Medan.